oleh

Jangan Salah Pilih Jenis Olahraga Saat Menstruasi

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sudah menjadi hal umum jika setiap datang bulan, wanita seringkali mengalami berbagai masalah seperti otot-otot sakit, lelah, mudah mengantuk, perut kram, dan lain sebagainya.

Akibatnya, tidak sedikit wanita yang untuk sementara waktu menghentikan rutinitas olahraga yang biasa dilakukan. Padahal, olahraga saat menstruasi memberikan manfaat yang bagus untuk kesehatan.

Hanya saja akan lebih baik jika Anda memilih jenis olahraga yang sesuai dengan kondisi tubuh saat menstruasi. Dikutip dari Readers Digest, berikut adalah latihan yang secara ilmiah tepat untuk wanita yang sedang menstruasi:

1. Kardio
Amanda Young, instruktur fitnes di New York City mengatakan bahwa jalan dan berlari di mesin elliptical trainer, atau mengayuh sepeda statis serta jenis-jenis olahraga kardio lain mampu menaikkan kadar hormon endorfin sehingga rasa sakit akibat kontraksi rahim akan berkurang.

Hormon endorfin dapat membantu meringankan sakit kepala dan kram. Dikatakan Mary Rosser, MD, spesialis kebidanan dan kandungan di Montefiore Medical Center, Larchmont, NY, ketika melakukan olahraga kardio, aliran darah meningkat termasuk ke area yang sakit, hal inilah yang meredakan rasa tak nyaman itu.

2. HIIT (High Intensity Interval Training)
Merupakan latihan interval intensitas tinggi yang terbukti lebih efektif melenyapkan lemak saat Anda menstruasi. Kalori lebih mudah terbakar saat Anda melakukan HIIT ketika menstruasi.

3. Dansa
Merupakan cara membakar kalori yang menyenangkan, sehingga membuat mood Anda yang berantakan saat periode menstruasi menjadi membaik. Satu jam berdansa Zumba dapat membakar hingga 600 kalori.

4. Strength training
Disebut juga latihan kekuatan, yang lebih mudah dilakukan saat menstruasi, karena hormon estrogen turun dengan drastis. Hanya saja latihan harus disesuaikan dengan kemampuan. Beban yang terlalu berat dapat menekan otot-otot di area perut, sehingga membuat kram justru tambah parah.

5. Peregangan
Latihan ini membantu merilekskan otot dan mengurangi kram. ** Baca juga: Walah, Tertawa Bikin Orang Mudah Ungkap Rahasia Pribadi

6. Berenang
Air kolam yang dingin membantu Anda merasa lebih rileks sekaligus membakar kelebihan lemak. Selain itu juga memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh. Namun jika kram dan nyeri menstruasi sangat parah, sebaiknya tunda dulu keinginan berenang.

Selamat mencoba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru