oleh

Jangan Salah, Pilih Dessert Rendah Lemak

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Sajian dessert sering dinamakan The final course atau The last course dan berasa manis atau disebut sweet hidangan penutup (dessert) adalah hidangan yang disajikan setelah hidangan utama (main course) sebagai hidangan penutup atau biasa disebut dengan istilah pencuci mulut.

Pada sebagian orang, dessert adalah hidangan wajib setiap usai menyantap makanan ‘berat’. Meskipun demikian, Anda pun disarankan agar lebih cerdas memilih dessert, agar berat badan tidak merangkak naik. Dikutip dari Femina, berikut adalah dessert rendah lemak yang disarankan:

1. Sorbet
Mengandung 120 kalori per setengah cup. Dengan komposisi gula, jus lemon dan buah segar, tanpa susu, krim atau telur. Menu non fat ini cocok untuk mereka yang tidak bisa makan laktosa, tapi menginginkan makanan penutup yang lezat.

2. Sherbet
Mengandung 120 kalori, dua gram lemak per setengah cup. Mirip dengan sorbet, hanya saja bahannya terdiri dari susu, putih telur atau gelatin, dan sekira dua persen lemak susu. Sherbet memiliki tekstur es krim, tapi mengandung lebih sedikit lemak.

3. Gelato
Mengandung 100 kalori, setengah gram lemak per setengah cup. Tidak sama seperti yang lain, gelato mengandung lebih banyak susu dan kuning telur. Meskipun terlihat creamy, hanya ada sedikit krim di dalamnya.

4. Es krim rendah lemak
Mengandung 80 kalori, setengah gram lemak per setengah cup. Es krim regular biasanya mengandung sekira 10 persen (atau lebih) lemak susu, sedangkan untuk premium brand sekitar 16 persen. Es krim versi rendah lemak berisi kandungan lemak di bawah 10 persen.

5. Frozen low fat yoghurt
Mengandung 77,5 kalori, dua gram lemak per setengah cup. Meskipun memiliki nutrisi yang sama dengan es krim, yogurt ini lebih baik karena mengandung bakteri aktif yang bisa memperlancar pencernaan. ** Baca juga: Nasihat Seputar Diet yang Ternyata Sudah Ketinggalan Zaman

Mengonsumsi dessert bukan berarti berat badan harus membengkak bukan? (ilj/bbs)

Berita Terbaru