oleh

Jandi: Kurdi Matin Layak Jadi Sekda Banten

Kabar6-Hingar bingar siapa calon Sekretaris Daerah di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten terus menggeliat. Kini, dari 9 peserta seleksi, sudah ada tiga nama yang diajukan Plt Gubernur Banten, Rano Karno ke Presiden melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri).

Mereka adalah Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Banten, Kurdi Matin. Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Banten, Ir Eneng Nurcahyati, dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Banten, Ranta Suharta.

Dan, dari ketiga nama yang lolos seleksi akhir Tim Pansel itu, menempati peringkat pertama adalah Kurdi Matin, kedua Kepala Disperindag Ranta Soeharta dan urutan ketiga adalah Kepala Distanak, Eneng Nurcahyati.

“Ketiga nama itu sudha kami ajukan ke Plt Gubernur Banten. Dan, selanjutnya akan diajukan ke Presiden melalui Kemdagri, paling lambat Jumat (10/10/2014),” ujar Ketua Pansel Calon Sekda Banten, Asmudji HW, yang kini juga menjabat Plt Sekda Banten, beberapa hari lalu.

Sementara, Dosen Fisip Universitas Muhamadiyah Tangerang, Ibnu Jandi mengatakan, dari 3 nama calon Sekda yang telah mengkerucut tersebut, dirinya lebih tertarik pada sosok Kurdi Matin. Itu karena Kurdi Matin memiliki kapabilitas dan kapasitas dalam memimpin pegawai di Banten.

“Saya memiliki kriteria yang layak untuk diakomodir oleh panitia seleksi. Dimana sosok Kurdi Matin merupakan seorang birokrat yang bersih dan memiliki track record yang bersih pula,” ujar Jandi yang juga menjabat sebagai Direktur Lembaga Kebijakan Publik.

Jandi meyakini, bahwa sosok Kurdi Matin bisa menjadi jembatan pemersatu antar para pengawai dilingkungan Provinsi Banten, yang saat ini terlihat ada gap antar birokrat pasca “badai tsunami” mendera pemerintahan provinsi banten. **Baca juga: Pensiunan PNS Tuding Pengelolaan PBB di Kota Tangerang Buruk.

Meski Jandi juga mengakui banyak kandidat yang memiliki potensi untuk menggantikan Muhadi, namun masyarakat juga tentu juga melihat track record dari para kandidat tersebut.(rani/tom migran)

Berita Terbaru