oleh

Jaga Kualitas Udara, Pemkot Tangerang Uji Emisi Kendaraan Gratis

Kabar6-Pemerintah Kota (Pemkot) kembali menggelar uji emisi kendaraan secara gratis kepada masyarakat. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Kota dalam menjaga kualitas udara di Kota Tangerang.

Selain juga untuk menerapkan Peraturan Pemerintah (PP) 22 Tahun 2021 yang mewajibkan setiap kendaraan bermotor untuk melakukan uji emisi sebagai syarat pengenaan pajak kendaraan.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan polusi udara tentunya merupakan salah satu yang menjadi fokus dan perhatian pemerintah dalam mengatasi permasalahan perkotaan.

“Makanya uji emisi ini sangatlah penting untuk mengevaluasi kualitas udara di Lingkungan Kota Tangerang,” ujar Arief, Rabu (21/9/2022).

Sementara uji emisi dilaksanakan di Jalan MH Thamrin depan Argo Pantes pada Selasa (20/09/22), Rabu (21/09/22) di Jalan Soedirman sekitar Komplek Imigrasi dan hari ketiga pada Kamis (22/09/22) yang akan berlangsung di Jalan Imam Bonjol sekitar Giant Palem Semi.

“Untuk uji emisi gratis yang dilaksanakan oleh Pemkot Tangerang melalui DLH. Target atau sasaran dari uji emisi ini per-hari adalah sebanyak 800 kendaraan bermotor dan secara keseluruhan yaitu sebanyak 2000 kendaraan bermotor,” ujar Kepala DLH, Tihar Sopian.

Dalam uji emisi ini, tiap-tiap kendaraan akan diberikan sertifikat dan stiker bagi kendaraan yang telah lolos uji emisi. Bagi kendaraan yang tidak lolos, akan diberikan rekomendasi untuk melakukan tune up.

**Baca juga: Empat Terdakwa Kebakaran Lapas Kelas 1 Tangerang Divonis Satu Tahun Lebih

“Nanti, bagi kendaraan yang lolos akan kami berikan stiker bahwa kendaraan mereka pada tahun 2022 sudah lolos uji emisi. Bagi yang belum lolos, akan kami berikan rekomendasi untuk melakukan tune up, pemeliharaan, dan lain-lain,” katanya.

Tihar berharap, agar pemilik kendaraan bermotor baik individu maupun perusahaan untuk lebih sering melakukan pemeliharaan. Agar kendaraan tetap sehat dan gas buang yang dihasilkan tidak mencemari lingkungan. (Oke)