oleh

Ini 15 Kecamatan di Pandeglang Rawan Banjir

Kabar6-Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, telah memetakan 15 kecamatan diwilayahnya yang rawan bencana di musim penghujan mendatang.

elasan kecamatan tersebut diantaranya adalah, Kecamatan Munjul, Cikedal, Labuan, Patia, Panimbang, Pagelaran, Sukaresmi, Sindangresmi, Sobang, dan Kecamatan Bojong.

“Dari belasan kecamatan itu, yang paling rawan banjir adalah Kecamatan Patia dan Cikedal. Karena dua wilayah itu dialiri oleh Sungai Ciliman yang rentan banjir. Apalagi kondisi kedua daerah itu yang datar,” Kepala BPBD Kabupaten Pandeglang, Doni Hermawan, Kamis (12/11/2015).

Untuk mengantisipasi hal itu, lanjut Doni, pihaknya mengaku telah siap menghadapi bencana tahun ini. Apalagi banjir seolah menjadi rutinitas tahunan. BPBD telah menyiapkan perlengkapan dan logistik. Perahu karet juga telah disiagakan sebanyak 8 buah.

“Kita akan menempatkan Satgas Bencana yang akan dipusatkan di Kecamatan Menes dan jalur evakuasi di Kecamatan Patia. Sebelumnya, bentuk antisipasi dari BPBD telah melakukan normalisasi sungai untuk mengantisipasi banjir,” sambung Mantan Camat Karangtanjung itu. **Baca juga: Wow, 3,9 Juta Pekerja di Banten Belum Miliki BPJS.

Doni mengimbauan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan sebagai salah satu langkah mencegah banjir.

Lebih dari itu, masyarakat diminta untuk tidak keluar rumah saat hujan berlangsung, karena cuaca ekstrem kali ini akan disertai petir.(mg/tom migran)

Berita Terbaru