oleh

HUT Gerakan Pramuka ke 51, Bupati Tangerang Himbau Pramuka Mandiri

Kabar6-Revitalisasi Gerakan Pramuka sebagaimana yang telah dicanangkan Presiden RI tahun 2006 lalu, kiranya telah menunjukan hasil cukup signifikan bagi keberlangsungan Pramuka di Indonesia.

Demikian dikatakan Bupati Tangerang H. Ismet Iskandar, saat memimpin apel dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Gerakan Pramuka Ke-51 Tingkat Kabupaten Tangerang, dilapangan maulana Yudha Negara, Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang, Kamis (6/9/2012).

Keberhasilan tersebut, kata Bupati, terlihat dari pengaturan dasar hukum Gerakan Pramuka dengan diterbitkannya Undang-undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Undang-undang itu menjadikan Gerakan Pramuka bukan hanya sebagai kegiatan untuk mengisi masa senggang kaum muda dengan kegiatan yang positif, tetapi juga menjadi pembauran sistem pendidikan kepramukaan serta adanya tekad untuk mencapai kemandirian organisasi,” ujar Bupati.

Bupati berharap, Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang yang dipimpin Sekda H. Hermansya, dapat mempersiapkan segala sesuatunya untuk merevitalisasi Pramuka, guna menumbuhkan sumber daya pramuka yang mandiri dan tidak selalu bergantung pada bantuan dana dari pemerintah daerah.

Sementara, Ketua Panitia HUT Gerakan Pramuka ke-51 tingkat Kabupaten Tangerang, Komarudin mengatakan, kegiatan pramuka dilakukan mulai dari pembinanan di tingkat siaga, hingga saka wana bhakti.

“Pembinaan dilakukan demi menginvestasi pemuda pemudi pramuka yang berbudi pekerti, memiliki moral yang baik dan memiliki etika serta keterampilan yang  memiliki bekal hidup kelak dikemudian hari,” ujarnya.(humas/tom mugran)

Berita Terbaru