oleh

Habiskan Rp 40 Milyar, Aspal Jalan Provinsi di Tangsel Mudah Rusak

Kabar6-Buruknya kualitas perbaikan sejumlah ruas jalan diwilayah Tangerang Selatan (Tangsel) terus menjadi sorotan publik. Sebab, alokasi dana perbaikan yang berasal dari retribusi pajak masyarakat itu jumlahnya tidak sedikit.

Kepala Seksi Perencanaan Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Banten, Robi, berjanji segera melakukan perbaikan terhadap kondisi ruas jalan di Tangsel yang rusak. Namun, dari sejumlah ruas jalan rusak dan bergelombang itu, hanya ada empat lajur yang akan diperbaiki.

“Memang banyak yang keluhan dan akan diperbaiki segera,” ungkap Robi, saat menghubungi kabar6.com melalui sambungan selularnya, Selasa (22/1/2013) siang.

Robi memaparkan, status jalan provinsi yang ada di Kota Tangsel sebanyak 12 ruas dengan panjang 48 kilometer. Keempat ruas jalan yang akan diperbaiki antara lain, Jalan Jombang Raya di Ciputat, Jalan Raya Siliwangi di Ciputat, Jalan Raya Puspiptek arah kampus ITI di Serpong dan Jalan Raya Serpong depan German Centre.

Robi mengaku, anggaran untuk perbaikan terhadap keempat ruas jalan rusak tersebut bersumber dari APBD murni dan perubahan tahun 2012. Proses perbaikan dan pemeliharaannya pun masih menjadi tanggung jawab pihak ketiga.

“Instruksi langsung dari pak Kadis (Kepala Dinas Sutadi) paling lambat Januari ini perbaikan sudah harus selesai dengan lapisan total hotmix,” papar Robi lagi.

Ia beralasan, proses perbaikan juga harus mempertimbangkan pada kondisi cuaca. Sebab, belakangan ini curah hujan tengah meningkat dan bila dipaksakan maka dapat berpengaruh terhadap kualitas jalan.

“Kita sudah melakukan uji petik atas ruas jalan yang rusak itu. Tapi kalau yang ditanyakan soal kualitas, saya tidak bisa jawab. Karena kewenangannya ada dibagian laboratorium,” kilah Robi sembari menjelaskan bahwa perbaikan atas ruas jalan yang rusak di Tangsel sudah dimulai hari ini.(yud)

Berita Terbaru