oleh

H-3, Puncak Arus Mudik di Pelabuhan Merak

Kabar6-PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Merak memprediksi puncak arus mudik di Pelabuhan Merak akan terjadi pada H-3 hingga H-2 Lebaran atau pada 14 hingga 15 Juli 2015.

 

Tahun ini, jumlah pemudik diprediksi mengalami peningkatan sebanyak enam persen dibanding arus mudik Lebaran 2014 lalu.

 

Prediksi puncak arus mudik tersebut, berdasarkan perkiraan libur pegawai serta pengalaman pelaksanaan arus mudik tahun-tahun sebelumnya.

 

“Kami prediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3 Lebaran. Dilihat dari pengalaman tahun lalu dan di H-3 kantoran sudah mulai libur. Pegawai Negeri juga sudah cuti bersama, begitu pula anak sekolah sudah libur. THR juga sudah turun,” kata Mario, ditemui di Pelabuhan Merak, Selasa (30/6/2015).

 

Untuk menghadapi lonjakan penumpang, ASDP menambah jumlah loket penjualan tiket untuk pejalan kaki, sepeda motor, dan mobil. Loket pejalan kaki dari biasa empat unit, ditambah menjadi 11 unit.

 

Loket khusus kendaraan roda dua, disiapkan sebanyak 12 unit dari biasa empat unit. Sementara, loket untuk mobil, bus, dan kendaraan truk dari biasa sebanyak lima unit ditambah menjadi delapan unit.

 

“Loket mobil yang sebelumnya hanya lima unit kami upayakan menjadi delapan unit. Kalau biasanya hanya digunakan satu sisi saja, sekarang ada kanan kiri, jadi ada tandem. Penambahan loket ini guna mengantisipasi antrean panjang pemudik yang hendak masuk ke areal pelabuhan,” kata Mario.

 

ASDP selaku operator pelabuhan juga meningkatkan pengamanan dengan menambah jumlah CCTV yang ada di areal pelabuhan, di samping berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan aparat terkait.

 

“Saat ini ada 56 CCTV, dan akan ada penambahan di titik-titik tertentu seperti di  antrean loket, gangway, sideramp, dan di ruang tunggu. Rekaman CCTV juga bisa diakses langsung oleh pihak kepolisian dan Kementrian Perhubungan,” ujarnya.

 

General Manager PT ASDP Indonesian Ferry Cabang Merak, Yanus Lentanga, mengungkapkan pengguna  jasa yang menyeberang dari Jawa menuju Sumatra diperkirakan naik hingga enam persen dari tahun sebelumnya.

 

Pada arus mudik tahun lalu, jumlah penumpang pejalan kaki di Pelabuhan Merak mencapai sekitar 140 ribu orang, kendaraan roda empat 13 ribu dan sepeda motor sekitar 19 ribu.

 

Untuk menghadapi lonjakan penumpang, PT ASDP siap mengoperasikan hingga 48 unit armada ro-ro di lintasan Merak-Bakauheni. ** Baca juga: Lampu Merah Perempatan BSD Belum Berikan Solusi

 

“Jumlah kapal semuanya ada 56 kapal, namun yang benar-benar siap dioperasikan saat Lebaran ada 48 kapal. Secara umum kami sudah siap menghadapi arus mudik Lebaran tahun ini,” kata Yanus.(tmn/din)

Berita Terbaru