oleh

Golkar Cilegon Buka Penjaringan Calon Legislatif

Kabar6-DPD Golkar Kota Cilegon tengah menjaring calon legislatif (caleg) untuk wilayahnya. Partai berlogo pohon beringin ini mengutamakan kader mereka, untuk maju dalam pileg 2024 nanti.

Meski begitu, Golkar tetap membuka pendaftaran bagi masyarakat umum untuk maju sebagai caleg, namun kuotanya dibatasi.

“Tidak dibuka secara umum karena kaderisasi nya jalan, tapi memang tidak menutup kemungkinan juga umum bisa masuk. Simpatisan juga bisa mendaftar, tapi prosentasenya tidak besar, sekitar 30 persen saja,” kata Ketua Majelis Pertimbangan Partai Golkar Cilegon, Tb Iman Ariyadi, Minggu (26/06/2022).

Proses penjaringan dan pendaftaran dimulai dari pengurus kecamatan (PK), kemudian mereka melaporkan kepada DPD tingkat II Golkar Cilegon untuk dilakukan rapat bersama, menentukan daftar nama dan nomor urut pencalonan.

Partai berwarna kuning itu memastikan pihaknya tidak memungut biaya pendaftaran, namun calon legislatif harus memiliki kompetensi dan dikenal masyarakat agar bisa menang.

“Golkar harus kerja keras untuk calon perempuan karena sesuai undang-undang, bukan hanya sekadar calon tapi harus memiliki kompetensi,” terangnya.

**Baca juga: Penjara Super Ketat Buat Napi Bandel di Lapas Kelas IIA Cilegon

Dalam dua pileg terakhir, 2014 dan 2019, Raihan kursi legislatif di DPRD Cilegon, Partai Golkar mendapatkan 10 kursi. Iman Ariyadi menargetkan ada peningkatan kursi di pileg 2024 mendatang.

“Minimal bisa bertahan, tapi setidaknya bisa bertambah,” ujarnya.(Dhi)