oleh

Fakrab: Tangkap Aktor Intelektual Kerusuhan 22 Mei

Kabar6-Forum Aksi Mahasiswa Rakyat Banten (Fakrab) mendesak pihak kepolisian menangkap aktor intelektual di balik kerusuhan di Jakarta, 22 Mei 2019.

“Kami mendesak segera tangkap dan penjarakan elit politik dari kelompok manapun yang menjadi penyebab kerusuhan itu, polisi jangan hanya berani menangkap pelaku-pelaku coro yang bekerja di lapangan tapi tidak berani menangkap aktor besar di balik kerusuhan tersebut,” tegas Ketua Umum Fakrab, Yana Musalef, Sabtu (25/5/2019).

Yana prihatin dan mengecam sikap dan pernyataan sejumlah elit politik yang justru saat itu malah terus memanaskan suasana dan mengakselerasi kekerasan.

“Tanpa malu mereka melontarkan pernyataan yang semakin memperkeruh suasana,” ujarnya.

Alih-alih mendinginkan suasana, menurut Yana, pernyataan sejumlah elite justru semakin memperburuk situasi sejak sebelum dan setelah penetapan pemenang Pilpres oleh KPU.

**Baca juga: Musda, Damsik Pimpin KAI Periode 2019-2024.

Langkah pemerintah membatasi akses informasi pun dinilai tidak membantu meredam situasi dan tidak menunjukkan tanggung jawabnya.

“Karena di sisi lain, pernyataan-pernyataan elit politik justru memperparah situasi dan menunjukkan kegagalan dan terkesan memprovokasi,” tudingnya. (Nda)

Berita Terbaru