oleh

DKPP Tangsel Dorong Warga Kelola Bank Sampah

Bank Sampah di Tangsel.(bbs)

Kabar6-Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangerang Seatan (Tangsel) terus berupaya mendoktrinasi masyarakat diwilayahnya, perihal pengelolaan sampah yang bisa bernilai ekonomis.

Kepala Bidang Kebersihan pada DKPP Tangsel, Yepi Suherman mengatakan, setidaknya ada dua manfaat dari pengelolaan Bank Sampah yang selama ini mulai dilakukan warga.‎

Selain bisa mengurangi volume sampah dan menyulap lingkungan menjadi indah dan sehat, Bank Sampah yang dikelola masyarakat juga bisa menghasilkan uang tambahan.

“Hingga kini partisiasi masyarakat terus berjalan dalam mengurangi sampah. Melalui bank sampah ada dua manfaat, finansial dan tumpukah sampah terkurangi,” katanya, Sabtu (23/7/2017).

Hal itupun diakui oleh Syahrul, salah seorang warga pengelola Bank Sampah asal Kelurahan Setu, Tangsel. Menurutnya, selain membuat lingkungan menjadi bersih dan indah, sampah yang dikelola juga bisa mendatangkan uang.

“Kami memiliki 10 anggota setiap hari mengelola sampah. Hasil dari sampah pengelolaan sampah itu, kami bahkan bisa memberikan bantuan sembako kepada warga yang membutuhkan,” ungkapnya. **Baca juga: Terduga Pembobol Mobil Dihajar Warga Tangerang.

Sementara, Firman pengelola Bank Sampah dari Pondok Ranji, Kecamatan Ciputat Timur menyebut, jika hasil pengelolaan sampah mereka berikan kepada anak-anak putus sekolah. Caranya dengan mengajak belajar secara rutin beberapa kali setiap pekan. **Baca juga: Lompat Ke Sungai, Pemuda Tewas Tenggelam di Pamarayan.

“Keuntungan kita gunakandanai rumah belajar Minjangan Wahid Pondok Ranji. Seperti mendatangkan guru les musik dan pengajar tari,” tuturnya.‎(yud)

Berita Terbaru