oleh

Diteken Gubernur, Nominal APBD Tangsel 2014 Merosot

Kabar6-Draft evaluasi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) 2014 akhirnya ditandatangani Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah, Senin (10/3/2014).

Rancangan tersebut telah disodorkan sejak pekan pertama Februari kemarin.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangsel Teddy Meiyadi, membenarkan terkait sudah ditandatanganinya draf evaluasi APBD Tangsel oleh Rt Atut.

Setelah penandatanganan itu, proses selanjutnya yakni penjabaran APBD dan penetapan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Proses penetapan DPA tiga hari, setelah itu baru bisa dicairkan,” katanya.

Saat pengesahan APBD Kota Tangsel 2014 pada 2 Februari lalu, disepakati bahwa APBD Kota Tangsel 2014 sebesar Rp 2,6 trilliun. Namun setelah dilakukan evaluasi, kata dia, APBD Kota Tangsel turun Rp 100 milliar menjadi Rp 2,5 triliun.

“Penurunan ini karena ada perubahan detail di belanja pegawai. Terkait itu, yang mengetahui DPPKAD (Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah),” terangnya.

Diketahui, Pemkot dan DPRD Kota Tangsel menyepakati APBD sebesar Rp 2,6 trilliun. Ada enam prioritas pembangunan tahun 2014 yang telah ditetapkan pada RKPD dan KUA PPAS.

Yaitu peningkatan kualitas infrastruktur dasar, peningkatan akses dan kualitas pelayanan pendidikan, peningkatan akses dan kualitas pelayanan kesehatan, optimalisasi penyelenggaraan pemerintah daerah, dan pemberdayaan usaha mikro kecil menengah dan penanggulangan kemiskinan dan pengganguran.

“Penyusunan APBD dilakukan dengan perencanaan sesuai kebutuhan yang ada. Pemkot akan transparan dalam penggunaan anggaran ini. Harapannya RPJMD dapat diimplementasikan serta dapat berjalan sesuai rencana yang ada,” kata Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany.

Disinggung pengesahan mengalami keterlambatan, Airin mengatakan lebih kepada asas kehati-hatian. Ia tidak ingin penyusunanAPBD dilaksanakan tergesa-gesa dan malah berdampak kurang baik. **Baca juga: Begini Kiat Terbaru Bank Sampah di Tangsel.

“Kita ingin APBD tahun anggaran 2014 ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat Tangsel. Makanya, penyusunan agak telat,” ungkapnya.(yud)

Berita Terbaru