oleh

Disperindag Tangsel Klaim Stok Sembako Aman Hingga Lebaran

Kabar6-Kenaikan harga sejumlah komoditi bahan pokok yang terjadi hampir serempak di seluruh pasar Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Kondisi itu membuat Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) tak bisa berbuat banyak.

“Kami tidak bisa intervensi atas kenaikan sembako yang terjadi belakangan ini,” ungkap Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhammad, Jum’at (5/7/2013).

Menurut Muhammad, kenaikan harga komoditi pangan ini telah menjadi hukum pasar karena ada permintaan dan penawaran. Sejauh ini pihaknya hanya bisa memantau fluktuasi harga dan dianggap masih diambang batas wajar.

Pemerintah daerah, kata Muhammad, baru bertindak jika pasokan komoditas  menurun. Apalagi sampai terjadi kekosongan saat daya beli masyarakat sedang tinggi selama bulan suci Ramadhan.

“Langkah kita ya terus melakukan operasi pasar setiap akhir pekannya,” terang mantan Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) Kota Tangsel ini.

Ditanya soal ketersediaan bahan pokok selama bulan puasa besok. Muhammad mengklaim hingga dua bulan ke depan ketersediaan relatif aman. Jaminan tersebut telah disampaikan para distributor.

Selain memantau ketersediaan bahan pokok, sambung Muhammad, pihaknya juga mengamati pergerakan harga. “Kami juga sudah minta kepada pedagang dan distributor untuk tidak menaikkan harga terlalu tinggi,” tutupnya.(yud)

Berita Terbaru