oleh

CATATAN HARI INI: Awas, Arus Banjir Mengintai Anak-anak

Kabar6-Derasnya arus sungai atau kali banjir menjadi ancaman bahaya yang mengintai anak-anak. Sebab itu, kepada para orang tua perlu meningkatkan kewaspadaannya terhadap keberadaan dan aktivitas yang dilakukan anaknya masing-masing.

Peringatan ini lebih utama ditujukan kepada warga korban banjir atau warga yang berdekatan dengan daerah genangan maupun sungai dan kali kecil. Pasalnya, satu korban anak, Rian bin Holid, sudah tewas diseret arus Kali Ciwalungan di Kabupaten Tangerang, Jumat (11/1/2013).

Anak warga Kampung Cayur RT02/02, Desa Sindang Sono, Kecamatan Sindang Jaya, Kabupaten Tangerang ini, sedang bermain dengan teman-temannya di sebuah jembatan, di atas Kali Ciwalungan. Entah bagaimana, saking senangnya bermain mungkin, Rian terpelet dan jatuh ke dalam kali.

Tubuhnya terseret arus kali hingga 20 meter dan saat berhasil diselamatkan warga, nyawanya sudah keburu melayang. Diduga kuat, tubuh Rian sudah terlalu banyak kemasukan air kali.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, juga mengingatkan agar warga menunggu koordinasi dengan petugas di lokasi jika nanti ingin kembali ke rumah, untuk menghindari situasi di luar dugaan.

“Beberapa kondisi perlu diwaspadai seperti kemungkinan terjadinya tanah longsor dan tumbangnya pohon. Saya mengimbau kepada seluruh warga Banten yang menjadi korban banjir untuk tetap waspad dalam melakukan tivitas, terutama dalam menjaga keberadaan dan kegiatan anak-anaknya,’ kata Sutopo. (w)

 

Berita Terbaru