oleh

Cara Sehat Kenakan High Heels

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Jika Anda adalah pencinta high heels atau sepatu berhak tinggi, tentu sudah tentu pernah merasakan pegal bahkan bengkak ketika menggunakan sepatu favorit Anda.

Podiatris atau ahli kesehatan kaki mengatakan bahwa kebiasaan memakai sepatu bertumit tinggi dapat membahayakan kesehatan Anda.

Meski terlihat bisa “memperbaiki” postur tubuh, dikutip dari meetdoctor, pengunaan high heels ternyata membuat tubuh menjadi tidak seimbang, dapat mengakibatkan otot-otot kaki mengecil dan memendek.

Memakai high heels yang terlalu sering pun akan berisiko membuat postur pinggul dan tulang belakang menjadi tidak sejajar. Hasilnya, tubuh terlihat melengkung.

Nah, bagaimana meminimalisir efek negatif tersebut? “Filosofi saya adalah bahwa memakai sepatu seperti diet,” kata ahli penyakit kaki City berbasis New York,  Hillary Brenner.

“Ketika diet, kita menghitung kalori. Ketika memakai sepatu, kita menghitung lama waktu pemakaiannya. Jangan memakai sepatu bertumit tinggi selama lebih dari dua jam pada suatu waktu jika Anda harus melakukan aktivitas berdiri atau berjalan.”

Howard Osterman, podiatris dari Washington, DC menambahkan bahwa pembeli harus mencari sepatu dengan bantalan forefoots. Pastikan juga high heels memiliki sebuah platform jika tinggi tumitnya melebihi 7,5 sentimeter.

Sementara Emily Splichal, podiatris di New York City, mengatakan hal yang sangat penting adalah bagaimana Anda merawat kaki pasca pemakaian sepatu bertumit tinggi.

Lakukan peregangan betis dan gulirkan telapak kaki di atas bola golf atau bola tenis. Pemulihan adalah salah satu hal yang paling penting untuk mengurangi efek sakit akibat sepatu berhak tinggi. ** Baca juga: Bagi Wanita, Pria Tampak Lebih Seksi Lakukan Olahraga Ini

Selamat ber-high heels ria.(ilj/bbs)

Berita Terbaru