oleh

Berkah Ramadhan Bagi Pedagang Pasar Tumpah di Tangerang

Kabar6-Meski hanya berlangsung satu bulan dalam setahun, namun ramadhan kiranya mampu membuat ekonomi rumah tangga bagi kalangan masyarakat kecil menjadi tumbuh dan berputar.

Pasalnya, ramadhan memberikan peluang bagi banyak ibu rumah tangga yang biasanya pasif dirumah, menjadi kreatif dan produktif. Salah satunya dengan berjualan aneka jajanan untuk berbuka puasa alias takjil.

Setidaknya hal itu diakui oleh Nenek Miti (60). Sejak dua pekan jelang datangnya bulan ramadhan, nenek renta yang tinggal bersama cucunya di bilangan Kelurahan Sukasari, Kota Tangerang ini bahkan mengaku sudah beberapa kali berganti usaha.

Mulai dari berdagang bunga tabur, hingga kemudian berdagang kue jongkong dan aneka gorengan untuk takjil ramadhan. Padahal sebelumnya, sehari-hari nenek Miti menggantungkan hidupnya dari hasil berjualan nasi uduk untuk sarapan pagi di depan rumah mungilnya.

“Lumayan kalau lagi ramadhan gini. Banyak barokahnya. Paling enggak, selain bisa tetap menyambung hidup, saya juga bisa nabung lima puluh ribu tiap harinya untuk beli baju lebaran cucu,” ujar janda gaek itu lagi.

Ya, selama ramadhan tahun ini, nenek Miti bergabung bersama puluhan pedagang takjil lainnya di Pasar Tumpah Ramadhan, yang berlokasi dibilangan Jalan Kisamaun, Pasar Anyar, Kota Tangerang.

Pengamatan kabar6.com, dari puluhan pedagang takjil yang mangkal dikawasan itu, tersaji puluhan jenis jajanan tradisional nusantara.

Seperti kue Talam Lapis, Bugis, Dadar Gulung, Lupis, Talam Ketan, Lemper, aneka gorengan, Kolak Pisang, Biji Salak, Jongkong, Bubur Sumsum, Bubur Mutiara, Bubur Ketan Hitam hingga aneka minuman bercampur es.

Umumnya, pedagang takjil ramadhan dikawasan Pasar Tumpah Ramadhan Pasar Anyar adalah kalangan ibu rumah tangga, yang sengaja memanfaatkan momen untuk membantu ekonomi keluarga jelang datangnya hari lebaran.

Sedangkan lokasi lain yang cukup besar menyajikan jajanan takjil ramadhan di Tangerang berada di kawasan Perumahan Bumi Kealapa Dua, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang.

Dilokasi ini, tak kurang dari 100 pedagang takjil membaur menjajakan aneka jajanan nusantara untuk berbuka puasa. Seperti halnya di kawasan Pasar Tumpah, pedagang di kawasan ini juga umumnya didominasi oleh kalangana ibu rumah tangga yang sengaja memanfaatkan moment ramadhan untuk membantu ekonomi keluarga.

“Sudah lima tahun saya berdagang takjil disini. Dan, hasilnya cukup lumayan, ketimbang hanya diam dirumah. Paling tidak, hasil dari berjualan takjil ini bisa menutup kebutuhan baju lebaran 4 anak saya yang masih kecil-kecil,” kata Misnah, salah seorang pedagang takjil di kawasan Perumahan Bumi Kealapa Dua.(tom migran)

Berita Terbaru