oleh

Begini Sebaiknya Waktu Tepat untuk Sarapan, Makan Siang & Makan Malam

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Setiap orang memiliki waktu makan yang berbeda satu sama lain. Namun umumnya sarapan akan dimulai pukul 6.00, makan siang pukul 12.00, dan makan malan sekira pukul 19.00.

Namun tahukan Anda, bahwa ternyata ada waktu yang tepat untuk memulai sarapan, makan siang dan makan malam jika ingin menurunkan berat badan? Dikutip dari Vemale, sebuah penelitian terbaru dari Harvard University mengungkapkan, tak peduli seberapa sehat Anda makan, tapi jika waktu makan tidak teratur dengan ritme sirkardian tubuh, makan kadar gula darah bisa melonjak 18 persen dari angka normal.

Kondisi inilah yang dapat meningkatkan aktivitas hormon insulin sehingga tidak baik untuk kesehatan. Berdasarkan data dari National Weight Control Registry, 80 persen orang yang mampu menurunkan berat badan hingga 30 pounds atau lebih, ternyata rajin sarapan antara pukul 06.00 hingga 09.45. Kebiasaan sarapan ini juga menurunkan risiko terbentuknya lemak tubuh dan mampu mengendalikan kadar gula darah.

Untuk makan siang, beri jarak 2-4 jam setelah sarapan. Disebutkan, makan siang tidak boleh lebih dari pukul 15.00. Penelitian pada 2016 lalu, yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa orang-orang yang makan siang lebih awal, lebih sukses menjaga berat badan atau bahkan menurunkan berat badan.

Sementara untuk makan malam, usahakan tidak lebih dari pukul 19.00. Penelitian dari Brigham Young University membuktikan bahwa orang yang tidak lagi menyentuh makanan dan tidak menuju dapur di atas pukul 19.00 selama dua minggu, mampu mengurangi asupan kalori sehingga bisa menjaga berat badan lebih stabil. ** Baca juga: Gemar Konsumsi Makanan Cepat Saji Sebabkan 7 Masalah Kesehatan Ini

Yuuk, hidup lebih teratur lagi.(ilj/bbs)

Berita Terbaru