oleh

Bangkai Tikus dalam Mangkuk, Restoran Ini Rugi Rp2,8 Triliun

Kabar6-Seekor bangkai tikus membuat restoran waralaba terkenal di Tiongkok, Xiabu Xiabu, rugi sebesar Rp2,8 triliun. Bangkai hewan pengerat itu ditemukan seorang wanita hamil dalam sup yang tengah dimakan.

Foto dan video tikus tadi, melansir SCMP, langsung beredar secara online sehingga restoran tersebut ditutup untuk sementara waktu. Kisah berawal ketika seorang pengunjung restoran yang berlokasi di Weifang, Provinsi timur Shandong, ini mendapati tikus direbus bersama kaldu yang dimakan. Ma, nama suami wanita itu, menjelaskan, seorang staf restoran mengatakan kepadanya, “Jika Anda mengkhawatirkan bayi tikus itu, maka kami akan memberi Anda 20.000 Yuan (Rp4,2 juta) untuk menggantikannya.”

Setelah rekaman video tikus mati di sup wanita beredar di media sosial, saham restoran waralaba itu turun 12 persen. Pengguna situs media sosial Tiongkok, Weibo, bereaksi terhadap foto dan video. “Saya merasa seperti mau muntah. Saya tidak akan pernah makan di restoran itu lagi,” demikian tulisnya.

Pengguna lainnya terkejut dan berkata, “Jika sesuatu terjadi pada bayinya bagaimana mereka akan memberi kompensasi padanya? Apakah hidup bayi itu hanya bernilai 20.000 Yuan?”

Pemeriksaan segera dilakukan di restoran itu, tetapi dilaporkan tidak ada jejak tikus. Namun inspektur menemukan bahwa beberapa pemasok restoran tidak memiliki kualifikasi yang tepat.

Restoran itu merilis pernyataan yang sekarang dihapus, dengan mengatakan bahwa mereka telah ‘mengesampingkan’ kemungkinan bahwa kurangnya kebersihan telah menyebabkan tikus yang mati itu ‘berakhir’ di mangkuk sup wanita hamil tadi. ** Baca juga: Studi Sebutkan, Biaya Resepsi Pernikahan di Singapura Rata-rata Rp800 Juta

Kebersihan makanan dan empat memang menjadi syarat yang tidak bisa ditawar-tawar.(ilj/bbs)

Berita Terbaru