oleh

Airin Dorong Jajarannya Desain Pelayanan Berbasis IT

Kabar6-Kecanggihan teknologi telah berkembang dengan pesat. Aplikasi temuan para ahli sengaja dirancang memudahkan manusia menembus dunia.

 

 

Maka kini sudah saatnya segala model pelayanan publik yang ada di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pun berbasis teknologi informasi jadi semakin moncer.

 

Demikian dikatakan Walikota Airin Rachmi Diany saat menghadiri acara Forum IT Kota Tangsel di Jalan Raya Viktor, Kecamatan Serpong, Selasa (15/12/2015).

 

“Supaya seluruh jajaran pegawai di Tangsel melek teknologi, agar bisa melayani masyarakat dengan lebih baik,” katanya.

 

Airin terangkan, sejauh ini perangkat selular (gadget) teknologi canggih semakin tumbuh subur. Semuanya telah menawarkan beragam fitur bisa dijadikan sebagai alat untuk memudahkan masyarakat dalam memperoleh informasi yang berkaitan dengan sistem pelayanan publik.

 

Pada 2015, lanjutnya, daerah yang baru menginjak ke usia tujuh tahun ini pun telah masuk sebagai nominator Kota Cerdas (smart city) versi salah satu surat kabar nasional ternama.

 

Airin bilang, meski hanya masuk ke dalam 30 besar tapi kedepannya prestasi yang diraih harus lebih baik. Ia meminta kepada para aparatur Pamong Praja di lingkup Pemerintah Kota Tangsel dapat lebih inovatif dan cerdas sesuai tuntutan perkembangan jaman.

 

“Pelajari indikator-indikator yang dapat menjadikan suatu wilayah kota layak disebut smart city,” pesan Airin dalam acara bertema “Evaluasi serta Solusi Teknologi Informasi dan Komunikasi Tangerang Selatan”.

 

Di lokasi yang sama, Kepala Seksi Pelayanan Non Medis, Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel, Yosi Utami, mengutarakan institusinya terhitung mulai beberapa bulan silam telah menggulirkan model pelayanan kesehatan berbasis teknologi.

 

Lewat layanan bernama SMS Gateway, pasien yang ingin berobat cukup mengirim pesan singkat tanpa harus antre ke loket pendaftaran. Pesan singkat harus dikirim sehari sebelum pasien berobat.

 

Formatnya; reg#namalengkap#tanggallahir#poliyangdituju#jenis pembayaran. Sedangkan nomor hotline layanan SMS Gateway ada di 0822-10007613. ** Baca juga: Sayembara Arsitek di Tangsel Ditutup Pekan Ini

 

“RSU saat ini juga sudah sedang terus berusaha menjadikan teknologi sebagai sarana yang lebih memudahkan pasien untuk mengakses pelayanan yang ada,” utaranya.

 

Yosi pun tak menampik untuk mengembangkan pelayanan berbasis teknologi bukan tanpa kendala. Baginya kendala terbesar ada di sumber daya manusia yang dituntut mesti mampu mengimbangi pesatnya perkembangan teknologi.

 

“Sulit untuk merubah mindset (pola pikir) petugas, bahwa dengan teknologi semuanya bisa lebih mudah. Sebenernya kuncinya asal mau mempelajari teknologi itu sendiri,” tambah pejabat lulusan disiplin ilmu dokter spesialis gigi ini.(yud)

Berita Terbaru