oleh

Air Seni Berbau, Cara Tahu Penyebabnya

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Ada beberapa komplikasi kesehatan berbahaya yang memicu urine berbau. Diketahui, tubuh manusia memiliki cara tersendiri untuk memberi ‘peringatan’, ketika ada ancaman penyakit atau gangguan tertentu.

Karena itulah saat mengetahui urine memiliki bau yang tidak biasa, disaranjan agar Anda tidak mengabaikan kondisi ini. Apa sih yang membuat air seni atau urine berbau? Dikutip dari tempo.co, berikut uraiannya:

1. Diabetes
Jika urine memiliki bau yang tebal, manis, tapi tajam, cobalah tes diabetes untuk mengetahui kadar gula darah dalam urine.

2. Kelebihan multivitamin
Jika urine berbau obat, bisa jadi karena konsumsi terlalu banyak suplemen multivitamin. Konsultasikan dengan dokter tentang cara menurunkan dosisnya.

3. Dehidrasi
Urine bau juga dapat terjadi jika tubuh dehidrasi, yang dapat membuat urine sangat pekat. Disarankan untuk mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap hari.

4. Infeksi mikroba
Infeksi bakteri atau jamur menyebabkan urine berbau sangat menyengat. Jangan tunda lagi, segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penangannya yang tepat.

5. Menahan buang air kecil
Kebiasaan menahan kencing terlalu lama dapat menyebabkan infeksi kandung kemih yang akhirnya mengarah urine yang berbau.

6. Makan sayuran tertentu
Mengonsumsi sayuran tertentu seperti asparagus, lobak, bawang, dan bawang putih secara berlebihan, enzim di dalamnya dapat bereaksi dengan air seni dan membuat bau urine tajam.

7. Infeksi saluran kencing
Jika ada infeksi saluran kemih, yang merupakan infeksi bakteri yang mempengaruhi alat kelamin, nanah bisa masuk ke urine sehingga bisa menyebabkan bau. ** Baca juga: Jangan Biasakan Tidur Pagi, Ini Efek Buruknya

Jangan abaikan perubahan tidak biasa pada tubuh Anda.(ilj/bbs)

Berita Terbaru