oleh

Mengejutkan, Ini Fungsi Kulit Zebra Belang Hitam & Putih

Ilustrasi/bbs
Ilustrasi/bbs

Kabar6-Zebra adalah binatang dari famili kuda yang tubuhnya belang-belang hitam dan putih. Habitat hewan ini tersebar di Afrika Selatan, Afrika Barat, dan Afrika Timur. Ada tiga jenis zebra yaitu zebra gunung (Equus zebra), zebra dataran (Equus quagga) dan zebra primitif (Equus grevyi).

Mengapa kulit zebra belang-belang? Dikutip dari Intisari, hasil penelitian Gabor Horvath dan timnya dari Hungaria dan Swedia tentang corak tubuh zebra, diketahui bahwa pola warna hitam dan putih itu ternyata untuk menghalau serangga penghisap darah.

Tim tersebut menyiarkan hasil penelitiannya di Journal of Experimental Biology. Disebutkan, pola warna tubuh zebra adalah yang paling tidak menarik perhatian lalat penghisap darah (horseflly).

Seperti diketahui, gigitan horsefly bisa mengganggu kesehatan kuda karena menularkan penyakit dan mengganggu ketika mereka sedang makan. Menurut Horváth, serangga ini tertarik pada cahaya yang dibiaskan secara horizontal, karena pantulan corak tubuh zebra pada air sungai dibiaskan secara horizontal.

Serangga akuatik yang hidup di air sungai juga menggunakan fenomena pembiasan ini untuk mengidentifikasi kerapatan air, sehingga mendapatkan tempat yang sesuai untuk berkembang biak.

Hasil penelitian menemukan, serangga penghisap darah ini lebih tertarik pada kuda berwarna gelap dibandingkan dengan yang berwarna lebih terang. Diungkapkan, zebra telah berevolusi dengan mengubah corak kulitnya. Embrio zebra di dalam perut induknya selalu berwarna gelap. Namun sebelum waktu kelahiran, garis-garis putih mulai tampak.

Penelitian yang dilakukan pada beberapa peternakan kuda di sekitar Budapest, bertujuan untuk menguji tingkat ketertarikan serangga penghisap darah berdasarkan tingkat ketebalan, kepadatan, dan sudut garis corak loreng-loreng buatan pada kuda biasa, serta arah pembiasan cahaya yang dipantulkan.

Selain itu, tim peneliti juga menguji tingkat ketertarikan lalat penghisap darah pada kuda yang berwarna putih, gelap, dan loreng hitam-putih. Asumsinya, kuda yang bercorak hitam-putih mempunyai angka tengah dibandingkan dengan kuda putih polos atau yang berwarna gelap. Hasilnya, kuda bercorak lurik hitam putih adalah yang paling tidak diminati serangga ini.

“Kami menyimpulkan bahwa zebra telah berevolusi dengan mengubah pola warna tubuhnya dan loreng tersebut mempunyai kerapatan yang pas untuk meminimalkan serangan horsefly,” kata peneliti ini. ** Baca juga: Kocak, Ada Kembaran Donald Trump dari Batu Berusia 700 Tahun

Evolusi ini sebagai respons mereka atas gangguan serangga penyedot darah macam horsefly yang memang banyak di Afrika. Ya, Tuhan memang menciptakan sesuatu dengan alasan.(ilj/bbs)

Berita Terbaru