oleh

Ada 300 Imigran Asing Ngungsi ke Tangsel

image_pdfimage_print
Ilustrasi (bbs)

Kabar6-Pihak Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang mengakui ada ratusan warga negara asing asal Timur Tengah yang mengungsi di Tangerang Selatan (Tangsel). Jumlahnya tercatat ada sekitar 200 hingga 300 orang.

Kepala Sub Seksi Penindakan pada Kantor Imigrasi Kelas I Tangerang, Bambang Triyudono mengatakan, bahwa imigran pengungsi tidak punya spesialis atau kebal hukum. Meski demikian, mereka dilindungi dunia lewat organisasi kemanusiaan yang mengurusi pengungsi atau UNHCR.

“Namun, untuk hukum dan aturan yang berlaku di negara Indonesia mereka harus ikut juga,” kata Bambang saat ditemui wartawan usai menghadiri acara Forkominda di Serpong Utara, Selasa (28/2/2017).**Baca juga: Imigran “Ngungsi” di Tangsel Dipastikan Belum Terdata.

Berkaitan dengan adanya tindakan onar yang telah dilakukan oleh warga imigran asing di Pisangan, Kecamatan Ciputat Timur beberapa waktu lalu, warga sekitar bisa melaporkan ke aparat kepolisian.**Baca juga: Teler, Imigran Kulit Hitam di Tangsel Dipukuli‎ Warga.

Bambang juga menjelaskan, bila para imigran asing juga tidak boleh bekerja dan ditempatkan pada daerah khusus. Para imigran asing yang mendapat suaka itu dibawa oleh Organization for Imigran (IOM), agen resmi yang ditunjuk UNHCR.**Baca juga: Puluhan Imigran Timur Tengah Ngungsi ke Tangsel.

“Pemda kedepannya akan dilibatkan untuk penanganan dan penanggulangan terhadap imigran asing,” jelasnya.(yud)

Print Friendly, PDF & Email