oleh

Analisis DNA Ungkap Manusia Inggris Pertama, Mata Biru dan Kulit Gelap

image_pdfimage_print

Kabar6-Seorang ilmuwan di London berhasil mengungkap orang Inggris pertama yang berkulit gelap dan bermata biru, setelah menganalisis DNA sisa-sisa manusia yang pernah hidup sekira 10 ribu tahun lalu.

Kerangka manusia purba yang dikenal sebagai ‘Cheddar Man’ ini ditemukan dalam gua wilayah barat daya Inggris pada 1903. Manusia purba tersebut telah ‘hidup kembali’ melalui analisis DNA jenazahnya.

Dalam proyek gabungan antara Natural History Museum Inggris dan University College London, melansir nytimes, tim ilmuwan mengebor lubang 2 mm ke dalam tengkorak dan mengambil bubuk tulang untuk dianalisis. Temuan tersebut mengubah pandangan mereka dulu yang melihat Cheddar Man di mana digambarkan memiliki mata cokelat dan kulit putih.

Hal ini menunjukkan, pigmentasi yang lebih ringan menjadi ciri baru populasi di Eropa Utara. Cheddar Man berimigrasi ke Inggris pada akhir Zaman Es dan DNA-nya telah dikaitkan dengan individu-individu yang ditemukan di zaman modern Spanyol, Hungaria, dan Luksemburg.

Selina Brace, seorang peneliti DNA purba, mengatakan bahwa lingkungan goa Cheddar Man sangat membantu dalam melestarikan jenazah. Lingkungannya benar-benar bagus, sejuk dan mencegah terjadinya kerusakan.

Sisa-sisa Cheddar Man, lengkap dengan rambut hitam sepanjang bahu dan wajah yang lebih pendek dari rambut dibuat menggunakan cetak 3D. Membutuhkan waktu hampir tiga bulan untuk membuat model tersebut. Pembuatnya menggunakan pemindai berteknologi tinggi yang telah dirancang untuk International Space Station.

Alfon Kennis membuat patung tersebut bersama saudara laki-lakinya, Adrie. Ia mengatakan bahwa temuan DNA nya merupakan ‘revolusioner’ dan ini adalah cerita tentang migrasi sepanjang sejarah.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email