oleh

Ini Nominal yang Bakal Diberikan Pemerintah Korsel untuk Warganya yang Pacaran Hingga ke Jenjang Pernikahan

image_pdfimage_print

Kabar6-Pemerintah di Distrik Saha-gu Busan, Korea Selatan (Korsel), bakal memberikan tunjangan kehidupan plus biaya beli rumah untuk warganya yang berpacaran hingga berhasil ke jenjang pernikahan.

Ya, pemerintah setempat bersedia menggelontorkan dana yang tak sedikit agar warganya mau membina rumah tangga dan memiliki anak, sebagai imbas dari krisis populasi di Negeri Gingseng ini.

Total uang yang akan didapat dari setiap pasangan hingga mereka menikah di Distrik Saha-gu Busan sekira Rp627 jutaan hingga Rp840 jutaan. Melansir koreaherald, untuk warga yang bersedia pacaran mendapatkan sekira Rp5,8 jutaan. Kemudian jika bisa mempertemukan kedua keluarga untuk mempersiapkan pernikahan mendapat sekira Rp11,8 juta. Nah, apabila perjodohan berhasil dan pasangan itu melangsungkan pernikahan, pemerintah Distrik Saha-gu Busan akan memberi ‘angpao pengantin baru’ sebesar sekira Rp236,8 juta.

Tak sampai di situ, setelah menikah pun pemerintah akan menawarkan uang jaminan untuk membeli rumah sekira Rp355 jutaan. Namun apabila pasangan tersebut tidak berniat membeli rumah, pemerintah akan memberikan uang sebesar sekira Rp94,7 juta per bulan.

Untuk saat ini, sejumlah program tersebut hanya ditujukan kepada masyarakat yang lahir atau bekerja di Distrik Saha-gu Busan, harus dipastikan lajang dan kelahiran 1981 hingga 2001.

Tapi, ada rencana bahwa program ini diperluas lagi ke kelompok yang lebih besar, yaitu orang asing yang tinggal atau bekerja di Saha-gu Busan.

“Aturan baru itu berlaku di tahun depan,” tulis laporan yang beredar. “Tujuan diadakannya program ini jelas yaitu untuk mengatasi krisis populasi di tengah rendahnya angka kelahiran di Korea Selatan,” kata Lee Gap-jun, Bupati Saha-gu Busan.(ilj/bbs)

Print Friendly, PDF & Email