oleh

Duh, MTQ Tingkat Kabupaten Pandeglang Minim Anggaran

image_pdfimage_print

Kabar6-Lantaran minim anggaran, pawai ta’aruf dan dua cabang musabaqah yakni Musabaqah Makalah Al-quran (MMQ) dan Tahfidz ditiadakan dalam perhelatan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Pandeglang tahun 2018.

MTQ itu rencananya bakal digelar Pemkab Pandeglang melaui Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Pandeglang di Kecamatan Kaduhejo 26-28 Nopember 2018 mendatang.

“Hal itu terjadi karena terkendala anggaran yang sangat terbatas, untuk besarannya anggrannya itu Rp500 juta. Sumbernya bukan dari hibah, akan tetapi diambil dari anggaran kegiatan di bagian Kesra (Kesejahteraan Masyarakat),” kata Ketua II LPTQ Pandeglang, Abdul Gaffar belum lama ini.

Menurut yang menjabat Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Setda Pandeglang ini, anggaran untuk kegiatan MTQ tidak mencapai sampai Rp1 miliar itu dikarenakan akibat adanya rasionalisasi anggaran. Bahkan kata dia, rasionalisasi itu bukan hanya terjadi di bagian Kesra saja akan tetapi di seluruh Organisasi Prangkat Daerah (OPD).

“Hanya ada penampilan depile dari masing-masing kafilah atau Kecamatan. Paling nanti tahun depan semua cabang lomba dan lainnya diadakan,” imbuhnya.**Baca Juga: Sandiaga Uno Dukung Peluncuran Mobil Esemka.

Kepala Bagian Kesra pada Sekretariat Daerah (Setda) Pandeglang, Samsudin membenarkan, untuk anggaran MTQ hanya sebesar Rp500 juta. Makanya kata dia, atas minimnya anggaran itu Kecamatan Kaduhejo dijadikan tuan rumah, karena melihat fasilitas yang ada di Kaduhejo.

“Iya anggaran sangat minim, makanya pada pelaksanaan ini kami harus mengefesiensinya. Saat ini anggarannya belum turun, karena kami masih nunggu APBD Perubahan disahkan. Tapi persiapan sudah maksimal, dan kami juga sudah menyebarkan informasi ini ke tiap-tiap kecamatan,” katanya.(aep)

Print Friendly, PDF & Email