oleh

9 Negara Jagoan Barongsai Bersaing di Tangsel

Kabar6-Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) akan kembali menggelar Kejuaraan Barongsai Internasional ke-2 di Living World, Kecamatan Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

Kejuaraan spektakuler ini akan diikuti oleh 20 tim terbaik dari sembilan negara. Tentunya, setiap peserta akan mempertontonkan aksi spektakuler tarian tradisional Cina tersebut.

“Pada kejuaran tahun lalu, semua peserta sangat merasa puas dengan Living World. Itu karena sesuai standar internasional,” kata Ketua Pelaksana Haris Chandra saat konferensi pers di Alam Sutera, kemarin.

Menurutnya, bila pada kejuaraan perdana tahun lalu hanya mempertandingkan jenis kategori tonggak, maka pada kejuaraan yang dihelat 31 Mei hingga 1 Juni mendatang, akan dipertandingkan kategori tradisional.

Sementara dari sembilan negara yang ikut berkompetisi antara lain tim berasal dari Indonesia, Singapura, Tiongkok, Hongkong, Filipina, India, Taiwan dan Bangladesh.

“Bedanya dengan tahun lalu selain mempertandingkan barongsai jenis tradisional, tim dari India juga akan datang dengan kekuatan penuh,” ujarnya.

Ditempat sama, Pembina FOBI Arifin Ilham, menyatakan telah bertekad bahwa sebagai tuan rumah akan merebut gelar juara umum yang telah diraih Malaysia. Tim terbaik asal Indonesia ini menurutnya berasal dari sejumlah kota-kota besar di Tanah Air. **Baca juga: Turnamen Barongsai 8 Negara di Summarecon.

“Ada Kong Ha Hong, Suaka Insan, Dharma Cinta Kasih, Kong Cu Bio dan lain sebagainya. Dan saya optimis tim-tim asal Indonesia ini telah mempersiapkan segalanya untuk menghadapi pertandingan besok,” tekadnya.(yud)

Berita Terbaru