oleh

54 Petugas Medis dan 35 Bidan di Tangsel Siaga Ngider Sehat

Kabar6-Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mempunyai 89 petugas Ngider Sehat. Mereka dibekali dengan armada motor untuk lebih cepat menjangkau masyarakat yang membutuhkan bantuan medis.

“Ngider Sehat merupakan suatu kegiatan pelayanan kesehatan di luar gedung puskesmas” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar lewat keterangan tertulis yang diterima kabar6.com, Senin (26/9/2022).

Menurutnya, Ngider Sehat berupa pelayanan kesehatan, deteksi dini penyakit, pendampingan masyarakat di bidang kesehatan secara berkesinambungan.

Petugas Ngider Sehat di Kota Tangsel saat ini terdiri satu petugas pada setiap kelurahan. Jumlahnya ada 54 orang. Sementara petugas bidan sebanyak 35 orang.

**Berita Terkait: Program Ngider Sehat di Tangsel, Pilar : Mampu Datangi 90 Persen RW

“Ngider Sehat dapat dihubungi melalui nomor Hotline yang dapat dilihat di media sosial Instagram Dinas Kesehatan dan puskesmas masing-masing,” terang Allin.

Mekanisme alur pelayanan Ngider Sehat yaitu melakukan intervensi berdasarkan data sasaran hasil pendataan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga di wilayah kerja puskesmas.

Kemudian juga berdasarkan laporan atau panggilan warga atau bina wilayah yang benar-benar membutuhkan kunjungan dari petugas sehubungan dengan penyakit atau masalah kesehatan lainnya.

“Durasi waktu dari dihubungi oleh warga hingga kedatangan yaitu kurang lebih 10-30 menit,” ujar Allin.(yud)