oleh

5 Wisata di Sumatera Barat yang Tak Boleh Dilewatkan

Kabar6-Sumatera Barat tak hanya dikenal dengan wisata kulinernya yang lezat dan berempah, namun juga wisata alamnya yang tak pernah mengecewakan. Mulai dari gunung, laut, danau, air terjun, semua bisa Anda temukan di Sumatera Barat. Berkunjung ke Sumatera Barat menggunakan pesawat adalah salah satu transportasi paling nyaman yang bisa dipilih kala liburan bersama keluarga atau solo traveling.

Nah, Anda bisa mengecek tiket pesawat Traveloka termurah dengan jurusan Sumatera Barat untuk mendapatkan harga terbaik. Selain itu, kini di Sumatera Barat juga sudah ada kereta bandara dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Padang menuju Stasiun BIM sehingga memudahkan mobilitas Anda atau wisatawan lainnya yang hendak berlibur ke Sumatera Barat.

Tak lupa, Anda juga bisa memesan tiket penerbangan maupun tiket kereta bandara di Traveloka agar transaksi yang dilakukan aman, nyaman, praktis dan pastinya cepat. Lantas, destinasi wisata apa saja yang ada di Sumatera Barat? Yuk, simak daftarnya berikut ini!

1.   Panorama Ngarai Sianok

Panorama Ngarai Sianok merupakan lembah curam yang berada di Kota Bukittinggi, Kecamatan IV Koto, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Ngarai Sianok memanjang dan berkelok, saking panjangnya Ngarai Sianok bahkan digunakan sebagai garis batas kota dari wilayah selatan Ngarai Koto Gadang menuju Sianok Anam Suku, dan berakhir di Kecamatan Palupuh.

Para wisatawan yang berkunjung ke Ngarai Sianok ini akan dihipnotis dengan pemandangan alam yang indah. Tak hanya itu, di Ngarai Sianok juga terdapat jurang sedalam 100 m yang membentang sepanjang 15 km dengan lebar 200 m. Dulu, saat zaman kolonial Belanda, jurang Ngarai Sianok dijuluki Karbouwengat atau Kerbau sanget karena banyaknya kerbau yang hidup bebas di Ngarai Sianok.

2.   Masjid Raya Sumatera Barat

Berkunjung ke Sumatera Barat tak lengkap rasanya jika tak mampir ke bangunan ikonik Masjid Raya Sumatera Barat. Ini merupakan masjid terbesar yang berlokasi di Jalan Chatib Sulaiman, Kecamatan Padang Utara, Kota Padang. Diketahui, peletakkan batu pertama dilakukan pada 21 Desember 2007, namun pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat ini baru dimulai pada Januari 2019 dengan total biaya Rp 325-330 miliar. Bangunan Masjid Raya Sumatera Barat terdiri dari 3 lantai.

Di lantai ketiga atau paling atas digunakan sebagai ruang shalat dengan teras landai yang menuruni jalan. Denah Masjid Raya Sumatera Barat ini berbentuk persegi  yang melancip di empat bagian penjuruny sehingga mengingatkan kita pada bentuk bentangan kain empat kabilah suku Quraisy di Mekkah saat memindahkan batu Hajar Aswad.

Bentuk Masjid Raya Sumatera Barat terbilang unik karena memiliki sudut-sudut atap yang lancip menyerupai rumah adat Minangkabau yakni rumah gadang.

3.   Jembatan Siti Nurbaya

Jembatan Siti Nurbaya merupakan jembatan yang membentang sepanjang 156 meter dan dibangun di atas Sungai Batang Arau, Kota Padang, Sumatera Barat. Tak hanya dijadikan sebagai obyek wisata, Jembatan Siti Nurbaya juga jadi penghubung pusat kota dengan Seberang Padang.

Dinamai ‘Siti Nurbaya’ karena terinspirasi dari novel klasik karya Marah Rusli. Terlebih Jembatan Siti Nurbaya merupakan salah satu akses menuju Gunung Padang, salah satu tempat yang disebut dalam novel tersebut. Jembatan Siti Nurbaya dibangun pada tahun 1995 dengan total biaya Rp 19,8 miliar.

Selanjutnya, Jembatan Siti Nurbaya diresmikan pada tahun 2002 dengan mengundang pemeran drama serial televisi Siti Nurbaya HIM Damsyik, Novia Kolopaking, dan Gusti Randa.

4.   Museum Adityawarman

Bagi Anda yang menyukai wisata budaya, maka jangan sampai melewatkan kunjungan ke Museum Adityawarman. Ini merupakan museum budaya Sumatera Barat yang terletak di pusat Kota Padang. Museum Adityawarman diresmikan pada 16 Maret 1977 dengan mengambil nama besar seorang Raja Malayapura di abad ke-14 yakni Adityawarman. Museum yang juga dikenal dengan sebutan Taman Mini Sumatera Barat ini menyimpan benda-benda bersejarah seperti sejumlah peninggalan kerajaan Majapahit hingga cagar budaya Minangkabau.

Sebut saja salah satu di antaranya ialah Rumah Bagonjong atau Baanjuang. Wah, pastinya selain seru dan unik, berwisata ke Museum Adityawarman bisa menambah pengetahuan khususnya tentang sejarah Sumatera Barat.

5.   Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan

Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan atau Kebun Binatang Bukittinggi berlokasi di atas Bukit Cubadak Bungkuak, Bukittinggi, Sumatera Barat. Ini merupakan salah satu kebun binatang tertua di Indonesia dan tercatat sebagai satu-satunya kebun binatang di Sumatera Barat.

**Baca juga:Rekomendasi Paket Internet Simpati Bulanan Termurah

Bahkan, kebun binatang ini disinyalir memiliki koleksi binatang terlengkap di Pulau Sumatera. Selain dapat melihat aneka satwa liar di penangkaran, Anda juga bisa mengunjungi Rumah Adat Baanjuang dan Museum Zoologi. Komplek ini menghubungkan Jembatan Limpapeh dengan objek wisata benteng Fort de Kock.

Nah, itulah lima destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat mampir ke Sumatera Barat. Jangan lupa untuk membeli tiket penerbangan, kereta bandara, atau hotel di Traveloka karena akan ada banyak diskon menarik yang pastinya sayang untuk dilewatkan. Setelah mengetahui kelima destinasi wisata di Sumatera Barat, kira-kira lokasi wisata mana dulu nih yang ingin Anda kunjungi?(red)