oleh

40 Produk Mamin di Tangsel Peroleh Sertifikat Halal

Kabar6-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), telah melampaui target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) program sertifikasi halal produk makanan dan minuman (Mamin).

Bahkan, pada program fasilitasi yang digulirkan untuk pelaku usaha kecil dan menengah ini, diklaim telah diberikan secara cuma-cuma alias gratis.

“Target RPJMD sampai tahun 2016 mendatang ada 75 IKM yang mendapatkan fasilitasi sertifikasi halal dari MUI. Kenyataannya, tahun ini Disperindag telah memberikan sertifikasi halal bagi 120 IKM,” ujar Kepala Disperindag Kota Tangsel, Muhammad kepada kabar6.com, Selasa (17/9/2013).

Itu artinya, kata Muhammad, Disperindag sudah melebihi target RPJMD sekitar 50 persen lebih. Tapi program ini tidak hanya untuk mengejar target. Melainkan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Ini demi kelangsungan usaha pelaku usaha kecil dan menengah dan semua bantuan ini diberikan secara gratis. Hari ini kita berikan sertifikasi halal untuk 40 pelaku usaha kecil menengah yang berwirausaha dibidang Mamin,” jelasnya.

Sementara itu, Widhiananda Saputra, 25 tahun, pelaku usaha Hooba Hotdog dan Kentang Goreng Berbumbu, mengutarakan dirinya telah terinspirasi dari usaha burger yang telah berkembang dipasaran.

Usaha yang dirintisnya sejak Februari lalu ini mulai diperkenalkan dengan mengikuti serangkaian kegiatan pameran. Ia mengaku dalam setiap pameran mampu menjual 50-100 porsi makanan.

“Setelah usaha saya mendapat sertifikasi halal, kedepan saya ingin membuat franchise untuk melebarkan sayap pengembangan usaha sambil mengurus kelengkapan dokumen usaha lainnya,” terang warga Jalan Margajaya, Kelurahan Pakulonan, Kecamatan Serpong Utara ini.(yud)

Berita Terbaru