oleh

2017, Pemkab Tangerang Fokus Penanggulangan Banjir Pasar Kemis

image_pdfimage_print
Bupati Zaki mengecek kesiapan BPBD.(hms)

Kabar6-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang menjadwalkan pelebaran dan normalisasi Sungai Cirarab dan Kali Sabi yang membelah wilayah Kecamatan Pasar Kemis pada tahun 2017 mendatang.

Ya, sedimentasi pada kedua sungai itu dinilai sudah cukup parah, hingga manakala hujan turun deras air akan cepat meluap hingga mengakibatkan banjir di Perumahan Regency serta SMP Negeri 3 Pasar Kemis.

“Kawasan Pasar Kemis sering terendam banjir, terutama di Perumahan Regency dan SMPN 3. Tahun depan, kita akan lakukan normalisasi dan pelebaran pada Sungai Cirarab dan Kali Sabi,” ungkap Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar kepada kabar6.com usai memimpin apel, Kamis (17/11/2016).

Bupati Zaki mengatakan, saat ini pihaknya melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, telah menyiapkan seluruh sarana dan prasarana dalam menghadapi bencana alam seperti banjir.

“Kita sudah siapkan posko, perahu dan alat pompa penyedot air. Selain itu, kita juga sudah melakukan beragam pelatihan terkait tanggap darurat bencana,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kabupaten Tangerang, Agus Suryana mengatakan, hasil pantauan kondisi banjir saat ini sudah surut.**Baca juga: Masyarakat Diimbau Tak Terpancing Isu SARA.

“Seluruh titik yang sebelumnya banjir, seperti Pasar Kemis dan Kelapa Dua, kini sudah surut. Namun, kami tetap siaga karena wilayah yang rawan banjir adalah Pasar Kemis,” ungkapnya.**Baca juga: Begini Imbauan Kapolresta Tangerang Pada Buruh ABDU.

Agus pun mengimbau masyarakat Kabupaten Tangerang untuk dapat menyiagakan diri menghadapi bencana mengingat, intensitas hujan yang cukup tinggi.**Baca juga: Buruh Sweeping Pabrik di Cikupa.

“Masyarakat harus turut siaga, apabila terjadi bencana jangan panik,” himbau Agus.(shy)

Print Friendly, PDF & Email