oleh

20 Persen Warga di Tangsel Lakoni Pernikahan Dini

Kabar6-Jumlah populasi remaja di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang memutuskan menikah di usia dini cukul tinggi. Faktor hamil duluan di luar nikah atau kecelakaan (accident) dan menghindari perzinahan paling mendominasi.

Kepala Kanwil Kementerian Agama Kota Tangsel, Abdul Rojak mengatakan, pada periode 2018 kemarin tercatat ada 7000 hingga 9000 warga menikah. Banyak di antara warga yang memutuskan menikah masih berusia 16-19 tahun.

“Sekitar 20 persen pernikahan dini,” katanya kepada wartawan di MAN Insan Cendikia, Kecamatan Serpong, Kamis (3/1/2019).

Menurutnya, akibat pergaulan bebas banyak remaja yang hamil duluan di luar menikah. Selain itu juga ada anjuran dari orangtua remaja yang menyuruh anaknya menikah lantaran khawatir terjadi hal tersebut.

Rojak jelaskan, pilihan menikah pada usia muda tentunya diserahkan langsung ke pengadilan agama. Nantinya pihak pengadilan agama yang akan menilai apakah pasangan tersebut bisa menikah atau tidak.**Baca Juga: Serapan Anggaran Kemenag Kabupaten Tangerang 98 Persen.

“Dengan melihat beberapa faktor seperti kemampuan ekonomi. Nanti dikabulkan atau tidak tergantung sidang di pengadilan agama,” jelas Rojak.(yud)

Berita Terbaru