oleh

Yuk Konsumsi Ini Agar Tidur Nyenyak

Kabar6-Kita semua tahu jika kualitas tidur dipengaruhi juga oleh perubahan gaya hidup dan pola makan seseorang. Beberapa jenis makanan dapat membuat tidur seseorang menjadi nyenyak.

 

Penasaran khan, jenis makanan apa saja sih itu? Berikut uraiannya:

 

1. Oatmeal dicampur susu dan madu

 

Oat atau gandum merupakan salah satu makanan yang mengandung melatonin, membantu tubuh santai saat tidur. Melatonin diproduksi dalam tubuh, dan akan menurun seiring bertambahnya usia. Karena itulah semakin tua, orang cenderung lebih sering mengalami insomnia.

 

Ambil setengah cangkir oatmeal yang siap makan, ditambah dengan satu cangkir susu dan satu sendok makan madu. Sebaiknya dikonsumsi 90 menit sebelum tidur. Susu diyakini dapat membuat seseorang cepat mengantuk, sementara madu akan membuat tubuh lebih rileks.

 

2. Pisang dan almond

 

Potassium yang terkandung pada pisang, akan merangsang tidur menjadi nyenyak. Sementara almond yang mengandung magnesium dan triptofan dapat menginduksi sensasi rileks dan rasa kantuk. ** Baca juga: Cegah Otot Perut Kendur Dengan Tips ini

 

Campurkan setengah pisang berukuran sedang dengan kurang lebih satu ons almond, konsumsi sekitar 90 menit sebelum tidur.

 

3. Jus ceri asam

 

Ceri asam mengandung melatonin tinggi secara alami. Penelitian dari Journal of Medicinal Food mengatakan bahwa satu gelas jus ceri yang asam dapat membantu masalah insomnia.

 

Minum jus ceri asam kira-kira delapan ons pada pagi hari dan dua jam sebelum tidur.

 

4. Nasi dan kacang

 

Kacang-kacangan kaya akan magnesium, asam folat, kalium, dan vitamin B. Jika ditambah dengan dengan karbohidrat seperti nasi jasmine (beras Thailand) akan membantu Anda tertidur lebih cepat karena adanya kenaikan kandungan gula.

 

Campurkan setengah cangkir nasi dan setengah cangkir kacang yang telah masak, dan konsumsi empat jam sebelum tidur.

 

5. Keju dan biskuit gandum

 

Keju memiliki kandungan kalsium yang tinggi serta trytophan yang membantu menurunkan stres. Keju dan biskut gandum akan membantu mengelola siklus tidur dengan meningkatkan serotonin dan melatonin.

 

Penelitian British Cheese Board menemukan bahwa mengkonsumsi keju dapat membuat mimpi indah.

 

6. Ubi jalar warna gelap dan sayuran hijau

 

Tambahkan satu ubi jalar sedang dengan setengah cangkir sayuran hijau, seperti bayam dan konsumsi sekitar 90 menit sebelum tidur. Kombinasi kedua makanan ini akan menciptakan potassium yang membuat tidur Anda lebih nyenyak.

 

Jangan lupa mencoba salah satu dari keenam makanan di atas, semoga tidur Anda menjadi lebih nyenyak setelah seharian beraktivitas. (ilj)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru