oleh

Wuih, Luas Bandara di Beijing Setara 97 Lapangan Bola Berbentuk Bintang Laut

Kabar6-Bandara Internasional Beijing Daxing (PKX), Tiongkok, disebut sebagai bandara terbesar di dunia. Desain Bandara Internasional ini dirancang oleh arsitek kenamaan, Zaha Hadid.

Tidak tanggung-tanggung, melansir CNN Indonesia, bandara ini menempati lahan seluas 700 ribu meter persegi atau setara 97 lapangan bola, dan bentuk bangunannya sangat unik, mirip bintang laut. Meskipun sangat luas, Hadid berusaha untuk meminimalisir waktu tempuh penumpang dari satu titik ke titik lainnya.

Hadid merancang rute keluar masuk area yang ringkas, sehingga penumpang hanya perlu menghabiskan waktu maksimal delapan menit dari gerbang pemeriksaan sampai ruang tunggu pesawat terjauh.

Bandara yang dibangun dengan dana sebesar US$11 miliar ini diperkirakan bisa menampung hingga 100 juta penumpang dan dua juta ton kargo per tahunnya setelah beroperasi secara maksimal. Tentu saja pengembangannya akan terus berlanjut setelah dibuka secara resmi.

Selain arsitektur yang indah, bandara dengan empat landasan pesawat ini juga disematkan dengan beragam teknologi canggih, salah satunya pengoperasian robot layanan penumpang. Robot-robot tersebut akan memberikan informasi kepada penumpang terkait jadwal penerbangan dan informasi cuaca.

Kereta terminal disiapkan sehingga penumpang transit di bandara ini bisa lebih nyaman dan mudah saat harus berpindah pesawat. Bagi penumpang yang ingin keluar bandara, kereta bandara juga tersedia dan siap mengantarkan ke pusat kota Beijing dengan waktu tempuh kurang dari 20 menit. ** Baca juga: Seorang Korban Pelecehan Seksual Ciptakan 2.500 Kepribadian Ganda Agar Bisa Bertahan Hidup

Bandara Internasional Beijing Daxing berharap bisa melayani penerbangan dari 112 negara di dunia hingga musim semi 2020 mendatang.(ilj/bbs)

Berita Terbaru