oleh

Waspada, 4 Makanan Berikut Punya Kandungan Sianida

Kabar6-Sianida atau Natrium Sianida (NaCN), merupakan bahan kimia berbentuk kristal kubus atau serbuk, granule, tidak berwarna hingga putih, berbau seperti almond. Jika kering tidak berbau, tetapi jika menyerap air berbau sianida.

Bahan kimia ini berakibat fatal bila terhirup atau tertelan. Sianida menyerang semua jaringan sehingga tidak terjadi pertukaran oksigen atau disebut mengalami hipoksia yakni kekurangan oksigen dalam jaringan.

Nah tahukah Anda, sebenarnya sianida juga dapat ditemukan secara alami pada beberapa jenis buah dan bahan makanan? Sianida diproduksi oleh beberapa jenis bakteri, jamur dan ganggang yang ditemukan pada sejumlah tanaman, biji-bijian, dan buah-buahan tertentu. Dikutip dari berbagai sumber, berikut empat makanan yang dimaksud:

1. Kentang
Kentang memiliki kandungan solanin yang bisa berubah jadi racun sianida. Hati-hatilah ketika mengolah dan mengonsumsi makanan yang berbahan utama kentang.

2. Apel & persik
Buah apel dan persik secara alami memiliki kandungan sianidai yang cukup berbahaya. Kandungan ini bersembunyi di biji buahnya. Nah untuk menghindari terjadinya keracunan, Anda sebaiknya waspada saat mengonsumsi buah jenis ini.

3. Almond
Almond juga dipercaya memiliki kandungan sianida alami. Biasanya sianida ini akan aktif apabila kita mengonsumsi almond mentah atau belum diolah dengan cara yang benar. Efek dari memakan almond mentah biasanya akan memicu mual, pusing, perut kram hingga kematian.

4. Rhubarb
Rhubarb merupakan salah jenis sayuran yang berwarna hijau dengan batang merah yang kerapkali dimanfaatkan untuk bahan membuat kue tart. Jenis makanan ini apabila salah diolah maka akan berubah jadi racun sianida. ** Baca juga: Beberapa Makanan yang Ternyata Bisa Picu Keputihan

Jadi, lebih berhati-hati lagi saat mengonsumsi keempat makanan tadi, ya.(ilj/bbs)

Berita Terbaru