oleh

Warga Teluknaga Nikmati Air Bersih, Bupati Tangerang : Bentuk Kepedulian ke Masyarakat

Kabar6-Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar meninjau pelaksanaan program peduli air bersih dimasa pandemi Covid-19 berupa promo pemasangan sambungan air minum Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Kerta Raharja (Perumdam TKR) bagi masyarakat Kabupaten Tangerang di Kp. Alang Kecil Desa Kebon Cau Teluknaga, Jumat (10/9/2021).

Dalam peninjauan tersebut sudah terpasang sekitar 30 Sambungan Langganan (SL) dari target 200 SL yang siap dilayani.

Hadir dalam kegiatan tersebut Sekda Kabupaten Tangerang, Dewan Pengawas dan Direksi Perumdam TKR, Kapolres Kota Tangerang, Camat Teluknaga dan pihak Kelurahan Kebon Cau serta tokoh Masyarakat Kecamatan Teluknaga.

Saat bertemu Bupati, warga begitu antusias mengungkapkan rasa senang dan terima kasih karena sudah memiliki dan terlayani akses air bersih. Kendati, selama ini mereka hanya mengandalkan air sumur yang kualitasnya kurang baik, terlebih lagi masyarakat sangat terbantu dengan biaya pemasangannya yang sangat terjangkau.

Zaki mengatakan, bahwa program ini merupakan langkah nyata kepedulian Pemerintah Kabupaten Tangerang untuk pemenuhan penyediaan air bersih yang sudah lama dibutuhkan masyarakat serta guna menunjang pola hidup bersih dan sehat terlebih dimasa pandemi.

“Terima kasih kepada Perumdam Tirta Kerta Raharja. Semoga nanti seluruh masyarakat, bukan saja di Kecamatan Teluknaga tapi juga di wilayah pantura lainnya bisa mendapatkan akses air bersih dan air minum,” ujar Zaki.

Dari data pelayanan pelanggan sejak program diluncurkan di bulan Juli 2021 sampai dengan September ini sudah hampir 14 ribu masyarakat kabupaten Tangerang yang melakukan pendaftaran.

Direktur Utama Perumdam TKR, Sofyan Safar mengatakan, untuk masyarakat di Kecamatan Teluknaga ini, Perumdam TKR membuka promo pemasangan saluran air bersih, apabila dengan harga normal harga pemasangan sejumlah Rp1.200.000,- selama promo cukup bayar sebesar Rp288.000,-.

“Karena masyarakat di wilayah utara masih sangat sulit mendapatkan akses air bersih, maka kita selaku operator air minum sudah selayaknya melayani masyarakat di wilayah Kabupaten Tangerang, untuk tahap pertama,” ujar Sofyan Sapar.

Hal senada juga diungkapkan Moch. Maesyal Rasyid selaku Dewan Pengawas Perumdam TKR. Ia mengatakan, berdasarkan target Sustainable Development Goals (SDGs), 100 persen masyarakat bisa mendapatkan akses layanan air bersih dan air minum perpipaan.

“Ini merupakan bagian dari target kita ke depan untuk mencapai minimal 60 persen menjelang tahun 2023. Dan ini bagian dari kerja keras Perumdam,” ucapnya.

“Semoga bukan saja daerah Teluknaga tetapi seluruh wilayah pantura bisa mendapatkan jaringan air bersih perpipaan, dan untuk tahap pertama ini kita targetkan 9000 sambungan langsung di Teluknaga yang akan dialiri air bersih dan air minum perpipaan,” tambah Maesal Rasyid.

**Baca juga: Pengamat: Dukungan Anggaran Setengah Hati, Kejadian Kebakaran Sulit Dihindari

Sementara itu, Zainudin salah satu warga Teluknaga yang mendapatkan jaringan air bersih Perumdam TKR mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati dengan adanya jaringan air bersih yang masuk ke desa dan rumahnya tersebut.

“Saya ucapkan terimaksih kepada Bupati, jadi warga di sekitar sini sangat bersyukur bisa mendapatkan air bersih. Insya Allah kedepannya masyarakat di sekitar Kebon Cau bisa lebih sehat lagi, karena selama ini kami belum pernah merasakan adanya air bersih di wilayah kami,” tandasnya. (Oke)

Berita Terbaru