oleh

Ups..! Warga Banten Belum Taat Pajak

Kabar6-Kesadaran warga di Banten bagian Utara akan pajak kiranya masih tergolong rendah. Itu mengingat, capaian pajak dari sekitar 11 juta wajib pajak diwilayah itu, hingga kini baru 54 persen.

“Ketaatan membayar pajak masyarakat Banten saat ini baru mencapai 54 persen,” ujar Kepala Direktorat Pajak Wilayah Banten, Muhammad Haniv, Kamis (23/10/2014).

Artinya, lanjut Haniv, masih cukup banyak wajib pajak yang absen atau belum melaksanakan kewajibannya. Padahal, Direktorat Pajak Wilayah Banten menargetkan, penerimaan pajak sebesar Rp 25,4 Triliun.

“Sektor andalan penerimaan pajak terbesar berasal dari pengolahan atau industri yang mencapai 34 persen dari total penerimaan pajak yang ada,” ujarnya.

Itu karena di Provinsi Banten memiliki banyak industri besar baik berskala nasional maupun multinasional.

Penerimaan besar selanjutnya berasal dari sektor perdagangan dan terakhir berasal dari sektor pariwisata. Sektor pariwisata menyumbang pajak terkecil karena wisata di Banten belum berkembang dan sepesat di Bali.

Sejauh ini, sektor wisata di Banten masih sebatas investasi, sehingga belum memberikan sumbangan pajak yang signifikan. **Baca juga: Dugaan Karupsi Mobil Damkar, Kejari Tunggu Audit BPK.

“Mungkin nanti kalau Tanjung Lesung udah besar, Pulau Umang besar, internasional airport di Lebak besar, mungkin nanti sumbangan pajak sektor pariwisata akan besar,” tegas pria berkacamata ini.(tmn/din)

Berita Terbaru