oleh

Tips Sehat Kapolres Serang Kota: Minum Jamu Tradisional

Kabar6-Jamu merupakan warisan minuman kesehatan Indonesia yang sudah ada sejak nenek moyang kita dahulu dan berusia ratusan tahun. Tak ada lagi yang meragukan jamu-jamu asal daerah diberbagai belahan Indonesia, sebut beras kencur, kunyit, jahe, hingga temulawak. Semua bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh peminumnya.

Meski belum bisa dipastikan secara ilmiah mampu membunuh virus covid-19, setidaknya jamu mampu meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan imunitas badan seseorang dan menjaga kesehatan.

Begitupun yang dilakukan oleh Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono, dia kerap meminum jamu untuk menjaga kebugarannya ditengah status Kejadian Luar Biasa (KLB) Covid-19 yang sudah ditetapkan oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim (WH).

“Meski belum bisa dipastikan mampu mengobati covid-19. Setidaknya jamu mampu meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Karena jamu merupakan warisan kesehatan Indonesia,” kata Kapolres Serang Kota, AKBP Edhi Cahyono, Selasa (17/03/2020).

Jangan lupakan juga Jamu yang diberikan oleh Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto, yang memberikan oleh-oleh jamu dari Presiden Jokowi kepada tiga pasien covid-19 yang sudah sembuh.

Masih kuat dalam ingatan kita, bahwa jamu merupakan minuman favorit Presiden Jokowi dalam menjaga kebugaran tubuh, ditengah kesibukannya mengurus negara. Baik Jokowi maupun Edhi Cahyono, sama-sama berasal dari daerah Jawa Tengah. Jika Jokowi berasal dari Solo, maka Edhi Cahyono berasal dari Boyolali. Dua daerah yang masyarakatnya masih kerap mengkonsumsi jamu.

“Kalau enggak bikin sendiri, ya beli ke mbak-mbak jamu yang lewat, kan sekarang sudah ada. Paling enggak minum jamu tradisional,” terangnya.

**Baca juga: Waspada Corona, Polsek dan Koramil Cikande Rangkul Ormas.

Kapolres yang menjaga keamanan di Ibu Kota Banten itu mengaku harus siap 24 jam menjaga wilayahnya. Terutama saat ini yang sedang ramai-ramainya penyebaran virus Corona atau nCov. Selain harus menjaga keamanan wilayah, dia pun harus memastikan dirinya beserta keluarga agar tetap sehat dan bugar.

“Selain melakukan pola hidup bersih, dengan rajin mencuci tangan, bisa juga pola hidup sehat nya dengan meminum jamu,” ujarnya. (Dhi)

Berita Terbaru