oleh

Stok Daging Menjelang Puasa dan Lebaran Melimpah

Kabar6-Stok daging nasional saat ini cukup melimpah. Karena itu Menteri Pertanian Suswono menyatakan, sangat kecil kemungkinan terjadi lonjakan harga daging sapi menjelang dan saat puasa mendatang.

“Pemerintah telah menyiapkan stok daging dan sapi potong yang cukup banyak dengan cara mengimpor,” katanya, kemarin.

Karena itulah pihaknya memiliki alasan bahwa para pedagang kecil kemungkinannya akan menaikkan harga. Kuota impor sapi telah sesuai kebutuhan dan tak bakal ada kekurangan.

Selain itu produksi sapi dalam negeri juga sedang bagus. Hal ini terlihat dari hasil sensus hewan yang menggambarkan jumlahnya cukup bagus.

Sementara itu, pemerintah akan menjaga agar harga daging di Hari Raya Idul Fitri juga tidak mengalami kenaikan dengan mekanisme cara mengatur suplai. Pada bulan itu, pasokan tak cuma sesuai kebutuhan bulanan, melainkan ada tambahan.

Bila biasanya produksi daging hanya 7.000 ribu ton per bulan, maka untuk tiga bulan ke depan, karena ada hari raya, menjadi 28 ribu ton. Ini untuk Juli, Agustus, dan September. Karena itulah Mentan berani menjamin harga sapi lokal akan tetap stabil.

Dia mengakui, beberapa waktu sebelumnya ada kekhawatiran harga daging akan melonjak menjelang puasa segubungan adanya penghentian impor sapi dari Australia . Tetapi perdagangan kedua negara kini sudah normal kembali.Namun kenyataan di beberapa pasar  harga daging sapi, daging ayam, dan telur sudah mulai (PK/zul)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru