oleh

Semarak HUT RI, Dukcapil Kabupaten Tangerang Gelar Pencatatan Akte Nikah Gratis

Kabar6-Menyambut HUT RI ke-74, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tangerang mengadakan Pencatatan akte nikah gratis untuk para pasangan non muslim di Gedung Graha Pemuda, Kabupaten Tangerang, Rabu (14/8/2019).

Kelapa Dinas Dukcapil Kabupaten Tangerang, Syafridun mengatakan, pencatatan akte nikah memang dikhususkan untuk pasangan non muslim yang telah melangsungkan pernikahan di gereja namun belum membuat akte nikah.

“itu penting sekali untuk memenuhi hak konstitusional masyarakat sebagaimana daripada tujuan kependudukan kita harus memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap status peribadi maupun status hukum warga negara indonesia,” ujarnya.

Kegiatan yang dihadiri oleh 52 pasangan yang diajukan oleh gereja di Kabupaten Tangerang.

“kita rencanakan 60, tapi yang hadir 52 pasang kalo ga salah, yang lain sedang berhalangan, tentunya ini dari beberapa gereja ada yang mengajukan, mereka kan akadnya itu istilahnya digereja, tapi mereka belum punya akte perkawinannya,” jelasnya.

**Baca juga: Kasus Dana Desa klutuk, Kejari: Sudah Naik ke Penyidikan.

Syafrudin mengimbau kepada pasangan non muslim yang akan menikah untuk juga mencatatkan pernikahannya di Disdukcapil Kabupaten Tangerang agar dapat jelas legalitasnya.

“Saya berharap gereja juga memberikan pembinaan kepada pasangan yang akan menikah untuk mencatatkan pernikahan jemaatnya ke Disdukcapil Kabupaten Tangerang,” pungkasanya. (N2P)

ID:2659 Responsif

Berita Terbaru