oleh

Semarak HUT ke-77 RI, GANESPA & Pokja Wartawan Tangsel Gelar Pameran Hingga Upacara Apung di Situ Tujuh Muara

Kabar6 – Puluhan karya seni Fotografi nan indah dan mempesona, dipamerkan dalam rangkaian kegiatan Semarak Peringatan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia di Situ Tujuh Muara, Pamulang, Tangerang Selatan, Rabu (17/8/2022).

Puluhan foto bertema alam dan lingkungan itu pun membuat keindahan situ semakin bertambah di malam Hari Kemerdekaan.

“Jadi dalan peringatan Hari Kemerdekaan ini, selain upacara mengapung, ada pula talkshow tentang pelestarian lingkungan, dan lomba mewarnai. Selain itu ada juga pameran foto yang mana kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Kota Tangerang Selatan,” ujar Ketua Umum GANESPA, Andi Hartanto.

Sedikitnya, ada sebanyak 20 bingkai foto yang dipajang dalam pameran tersebut.

“Adapun foto-foto yang dipamerkan tentang lingkungan, situ dan tandon yang ada di Kota Tangerang Selatan,” imbuhnya.

Ia menerangkan, kegiatan ini merupakan cara untuk mengkampanyekan betapa pentingnya lingkungan bagi kehidupan manusia, khususnya Situ Tujuh Muara.

“Serta mengajak seluruh elemen masyarakat agar peduli terhadap situ, karena yang dimiliki Tangsel hanya ada situ. Maka dari itu kami OKP GANESPA ingin menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan kepada teman-teman sispala/sekolah pecinta alam,” terangnya.

Terlepas dari itu, Andi sangat berharap agar pemerintah lebih peduli lagi terhadap situ-situ yang ada di Tangsel.

“Karena beberapa kali kami bertemu dan audiens ke balai besar maupun ke pemerintah daerah, kami selalu di pingpong terkait kewenangan situ. Kami berharap pemerintah daerah bisa mengajukan izin pengelolaan situ ke balai besar, agar pemda lebih leluasa dan fokus untuk melestarikan dan mengembangkan situ-situ yang ada di Tangsel,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Wartawan Harian Kota Tangsel (PWHTS), Rizki Suhaedi menuturkan, terlibatnya insan pers dalam peringatan Hari Kemerdekaan ini merupakan bentuk komitmen atas kepeduliannya terhadap lingkungan dan Tanah Air.

“PWHTS menggandeng Ganespa sebagai kelompok masyarakat yang peduli akan lingkungan ikut mengkampanyekan kelestarian lingkungan dengan kegiatan yang dilakukan hari ini,” kata Rizki.

**Baca juga: Pondok Aren Berkibar, Bendera Sepanjang 3.522 Meter Akan Dibentangkan

Rizki berharap, ke depannya Pemkot Tangsel agar lebih peduli melihat kondisi lingkungan.

“Sampah dan pengelolaan situ masih menjadi PR besar Pemkot Tangsel,” tandasnya.(eka)