oleh

Sejak 29 Ribu Tahun Lalu Ternyata Manusia Sudah Memancing Gunakan Jaring

Kabar6-Dalam sebuah gua bernama Maedun yang terletak di Korea Selatan, para arkeolog menemukan bukti bahwa manusia mulai menggunakan teknik canggih untuk menangkap ikan sejak 29 ribu tahun lalu. Hal ini lebih awal dibanding yang diperkirakan sebelumnya.

Hasil penanggalan karbon pada 14 batu gamping yang digali di daerah timur Jeongseoun, melansir nationalgeographic, telah memajukan kembali sejarah penangkapan ikan dengan jaring sebanyak 19 ribu tahun. Sebelumnya, para peneliti telah menggali batu duga, yaitu batu yang digunakan untuk mengukur jaring penangkap ikan, di prefektur Fukui (Jepang) dan Cheongju (Korea Selatan). Namun, penemuan itu berasal dari era neolitik dan berusia sekira 10 ribu tahun.

“Sementara itu, penemuan terbaru kami menunjukkan bahwa manusia dari zaman Paleolitikum juga sudah aktif menangkap ikan,” urai Han Chang-gyun, direktur Yonsei University Museum.

Batu gamping dengan berat 14-52 gram dengan diameter 37 hingga 56 milimeter tersebut, memiliki ukiran di dalamnya, sehingga dapat diikat ke dasar jaring. “Itu digunakan untuk menangkap ikan kecil di sungai dangkal,” jelas Chang-gyun. ** Baca juga: Hebat, Seorang Wanita Asal Amerika Raih Gelar Master Meskipun Hanya Punya Otak Separuh

Di gua Maedun tersebut, para peneliti juga menemukan fosil ikan dan hewan lainnya. Begitu pun dengan alat-alat dan serpihan batu dari zaman purba.(ilj/bbs)

Berita Terbaru