oleh

Satu Ponpes di Pandeglang Diterjang Banjir satu Meter, Santri Evaluasi Kitab dan Al-Qur’an

Kabar6 – Banjir menerjang sejumlah kecamatan di Kabupaten Pandeglang setelah wilayah tersebut setelah diguyur hujan lebat. Selain rumah dan sekolah terdapat satu pondok pesantren yang terkenal banjir paling parah.

Salah satu Ponpes yang terjang banjir yakni Ponpes Al- Mu’min di Des Ranca Senang, Kecamatan Cikeusik. Ponpes itu terdampak banjir yang cukup parah dengan ketinggian air mencapai satu meter lebih.

Berdasarkan foto dan video yang diperoleh Kabar6.com, hampir seluruh Ponpes tergenang. Para santri tengah mengevakuasi kitab dan juga Al-Qur’an supaya tidak terkena air.

Dalam video yang direkam di lokasi banjir, mengatakan, air naik ke lingkungan Ponpes sekitar pukul 10 pagi, Jumat (19/11/2021). Lantaran ketinggian air mencapai 1 meter lebih, kata dia, para mengevaluasi barang-barang dan juga Al-Qur’an.

“Terlihat para santri putri yang tengah mengevaluasi beberapa buku dan Al-Qur’an di pindahkan ke tempat yang lebih aman,” kata Perekam dalam video tersebut.

Menurutnya, barang-barang tersebut dievaluasi lantaran ada pontensi air terus naik, sehingga khawatir terendam. “Mengingat air ini masih naik khawatir terendam,”ujarnya.

**Baca juga: Curah Hujan Tinggi, Sejumlah Kecamatan di Pandeglang Diterjang Banjir

Ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Cikeusik Angga menyebutkan ada beberapa kampung di Desa Ranca Senang terendam banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter lebih.

“Bahkan bisa naik lagi, ada beberapa kampung seperti yang parah dan air mulai naik sekarang,”tandasnya.(aep)

Berita Terbaru