oleh

Sate Bandeng Khas Banten Jadi Primadona Saat Ramadhan

image_pdfimage_print
Sate Bandeng.(bbs)

Kabar6-Salah satu makanan khas Banten, Sate Bandeng, menjadi primadona saat bulan Ramadan seperti sekarang. Bahkan, makanan kegemaran para sultan-sultan di Banten ini, kini menjadi menu pilihan warga saat bersantap sahur maupun berbuka.

Dahulu kala, Sate Bandeng hanya disajikan saat momen istimewa. Namun kini, makanan tersebut bisa dinikmati oleh semua kalangan kapan saja.

“Makanan keluarga Sultan Banten ini sangat diminati warga Banten, terutama di bulan puasa ini,” kata Midah Dahmalia, salah seorang pemilik usaha Sate Bandeng di Kota Serang, Jumat (17/6/2016).

Cara pembuatan Sate Bandeng memang gampang-gampang susah. Daging ikan bandeng  terlebih dahulu dikeluarkan tanpa merusak kulit ikan, kemudian durinya dibersihkan.

Lalu, daging ikan bandeng pilihan itu diblender bersama campuran bumbu seperti cabai, bawang dan bahan dapur lainnya. Setelah itu, di masukkan kembali  ke dalam kulit ikan. Setelah itu, ikan bandeng dijepit menggunakan bambu yang telah disiapkan. **Baca juga: Selama Ramadan, Bianco Resto Sajikan Pizza & Pasta.

Setelah siap semuanya, ikan bandeng dibakar di atas bara api hingga matang dan siap disajikan dalam kondisi hangat. **Baca juga: Pilihan Menu Khas Arabic di Hotel Santika BSD .

“Bisa bertahan sekitar tiga sampai empat hari dan untuk tulang. Karena kita olah dengan digiling, jadi tidak akan ada durinya,” kata Midah.(zis)

Print Friendly, PDF & Email