oleh

‘Salju Semangka’ Selimuti Taman Nasional Yosemite di Amerika Serikat

Kabar6-Taman Nasional di Yosemite, California, Amerika Serikat, mengalami fenomena unik yaitu puncaknya diselimuti salju pink yang disebut salju semangka.

Fenomena unik sekaligus langka ini, melansir Foxnews, pertama kali diunggah dalam akun Facebook resmi pihak taman nasional @Yosemite National Park. Dijelaskan, salju yang berada pada ketinggian 9.500 kaki atau 2.895 meter di atas permukaan laut ini tampak berwarna merah muda pada musim panas, sehingga menyuguhkan pemandangan yang berbeda bagi wisatawan.

Rupanya, fenomena unik ini disebabkan oleh ganggang bernama Chlamydomonas nivalis yang tumbuh subur di dalam suhu dingin. Ganggang ini umumnya memiliki warna hijau, tetapi menurut pihak taman nasional, ganggang juga mengeluarkan pelindung yang disebut karotenoid berwarna kemerahan untuk melindungi diri dari radiasi sinar UV.

“Ini adalah pelindung alami untuk melindungi ganggang tersebut dari panas dan paparan sinar UV,” jelas pihak Taman Nasional Yosemite.

Lantaran memiliki warna unik, fenomena ini diberi nama ‘Watermelon Snow’ atau salju semangka. Selain unik, salju pink itu juga aman dan sama sekali tidak berbahaya bagi kesehatan manusia.

Meskipun demikian, wisatawan tetap tidak disarankan untuk mencicipinya atau memakannya. “Meskipun mungkin tidak berbahaya untuk dimakan, kami tentu tidak merekomendasikannya,” kata Scott Gediman, juru bicara Taman Nasional Yosemite. ** Baca juga: Balas Dendam Karena Ditilang, Petugas PLN Ini Cabut Listrik Kantor Polisi

Ternyata selain di Taman Nasional Yosemite, fenomena salju unik ini bahkan bisa ditemukan di beberapa wilayah. Pada 2018 lalu, fenomena ini juga pernah terjadi di Taman Nasional Glacier yang terletak di Montana, perbatasan Kanada-Amerika Serikat.(ilj/bbs)

Berita Terbaru