oleh

Rutin Donor Darah Punya Manfaat Mengejutkan

Kabar6-Donor darah tidak hanya membantu mereka yang membutuhkan, lebih dari itu ternyata orang yang mendonorkan darah secara teratur memiliki angka harapan hidup yang lebih lama, dan juga risiko terkena penyakit mematikan seperti kanker lebih kecil.

Jadi apa saja manfaat rutin donor darah? Melansir Boldsky, berikut uraiannya:

1. Kurangi risiko penyakit jantung
Dengan mendonorkan darah, akan meningkatkan fungsi jantung dan pembuluh darah secara keseluruhan. Donor darah akan meningkatkan kadar zat besi dalam darah dan juga menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Bakar kalori
Mendonorkan darah sekira 450 ml membantu menurunkan berat badan. Anda berhasil membakar sebanyak 650 kalori saat mendonorkan darah sebanyak 450 ml.

3. Mencegah risiko kanker
Donor darah akan menurunkan risiko terjadinya kanker termasuk di hati, paru-paru, usus, perut dan tenggorokan.

4. Tingkatkan produksi darah
Keuntungan lain dari donor darah adalah membantu menstimulasi produksi dari sel darah baru. Proses pengambilan darah saat donor darah akan mendorong tubuh menjadi lebih sehat dan bekerja dengan lebih efisien

5. Pikiran yang stabil
Tahukan Anda dengan mendonorkan darah juga dapat membuat pikiran Anda lebih satabil? Donor darah bisa membuat pikiran lebih senang, tenang hidup dengan tujuan dan juga harga diri.

6. Pemeriksaan kesehatan
Saat mendonorkan darah, darah yang Anda donorkan tersebut akan diperiksa dari kemungkinan adanya penyakit serius dan jika ada ditemukan penyakit serius maka pihak palang merah akan segera memberitahukan kepada Anda dengan tetap menjaga kerahasiaannya.

7. Keuntungan untuk orang tua
Banyak orang yang sudah lanjut usia dan dalam kondisi kesehatan yang baik dapat mendonorkan darahnya secara teratur. Setelah mendonorkan darah mereka akan merasa lebih bersemangat dan sehat.

8. Turunkan kadar kolesterol
Manfaat lain dari donor darah adalah membantu Anda menurunkan kadar kolesterol didalam tubuh. Selain itu, dengan donor darah juga dapat menurunkan tekanan darah jika Anda menderita hipertensi. ** Baca juga: Hindari Minum Kopi Secara Berlebihan Tiap Hari

Kapan terakhir Anda mendonorkan darah? (ilj/bbs)

Berita Terbaru