oleh

Riset: Pria yang Terlalu Tampan Cenderung Temui Kesulitan dalam Jenjang Karier

Kabar6-Bagi pria, memiliki wajah tampan tentu saja menjadi sebuah anugerah. Meskipun dalam hal percintaan pria tampan disebut punya ‘masa depan’ cerah, hal sebaliknya terjadi untuk urusan karier.

Riset yang dilakukan oleh University of Maryland Amerika Serikat dan School of Management University College London, melansir MSN, mengungkapkan bahwa pria yang terlalu tampan cenderung kesulitan dalam kariernya. Wajah tampan yang dimiliki cenderung membuat bos pria merasa sirik dan berat hati memberi jabatan penting untuk mereka.

Fakta tersebut disimpulkan setelah University of Maryland dan School of Management University College London melakukan empat riset terpisah di empat kantor berbeda. Hasil studi ini akan dipublikasikan dalam jurnal ‘Organizational Behaviour and Human Decision Processes’.

Hasilnya, wajah tampan dipandang sebagai ‘ancaman’ oleh bos pria. Naluri ini membuat sang bos cenderung bias dan mengabaikan kompetensi karyawannya yang tampan.

“Manajer (pria) terpengaruh oleh stereotip dan memilih karyawan berdasarkan minat pribadinya, sehingga organisasi cenderung tidak mendapatkan kandidat yang kompeten,” jelas Sun Young Lee, pimpinan ilmuwan dan asisten profesor Maryland University.

Hal yang unik, bos wanita justru punya perspektif sebaliknya. Mereka memandang kecantikan atau ketampanan fisik sebagai kelebihan yang patut diapresiasi. ** Baca juga: Minum Teh Bikin Tidur Lebih Pulas?

Jadi, penelitian ini mematahkan anggapan bahwa memiliki wajah tampan selalu mendatangkan keberuntungan. Namun, benarkah demikian? (ilj/bbs)

Berita Terbaru