oleh

Rasis, Wanita Kulit Putih di AS Laporkan Pria Kulit Hitam yang Berdiri di Luar Rumahnya

Kabar6-Sebuah video yang viral di media sosial menunjukkan seorang wanita berkulit putih Amerika Serikat (AS) yang tak diungkap identitasnya, memanggil kepolisian untuk melaporkan Dayson Barnes, pria kulit hitam, karena telah berdiri di luar rumahnya.

Wanita tersebut, melansir Yahoo, menuduh Barnes sebagai seorang pencuri, namun bersikeras mengatakan bahwa ras hitam ‘tidak ada kaitannya’ dengan tuduhan yang dibuat. Dalam video yang dipublikasikan di Reddit, tampak Barnes menghampiri wanita berkulit putih yang diduga tengah mengintai di kawasan rumah sewaannya.

“Hari ini, saya harus pergi di tengah-tengah rapat lantaran pacar saya mengatakan ada seorang wanita berdiri di depan rumah dan berbuat masalah,” demikian tulisan kekasih Barnes dalam postingan di Reddit.

“Wanita itu berjalan melewati rumah yang baru kami sewa, melihat pacar saya (yang kebetulan satu-satunya pria berkulit hitam di komplek) tengah berjalan memasuki rumah kami. Kemudian ia memutar kembali kendaraannya dan meminta pacar saya untuk membuktikan bahwa ia bertempat tinggal di sini. Setelah itu, ia memanggil pihak berwajib,” tambah kekasih Barnes.

Kepada wanita kulit putih itu, Barnes mengatakan bahwa ia telah pindah ke rumah tersebut tiga minggu yang lalu, namun wanita tersebut terus melanjutkan tuduhan bahwa telah memasuki perumahan tanpa izin. “Apabila kalian memiliki bukti sertifikat sewa, saya ingin melihatnya,” ujar wanita kulit putih tersebut dalam video.

Pasangan Barnes menuduh wanita kulit putih itu melaporkan kepada pihak kepolisian hanya karena Barnes berkulit hitam, yang kemudian diresponnya dengan “Ya Tuhan, hal ini tidak ada kaitan dengan rasnya.” ** Baca juga: Arkeolog Temukan Kuil Buddha Tertua Peninggalan Abad ke-2 SM di Pakistan

Dikatakan pasangan Barnes, mereka pindah dari Texas ke Seattle dengan harapan dapat menghindari kejadian seperti itu. Namun sayangnya, ‘Karen’ atau sebutan wanita rasis di AS, berada dimana-mana dan begitu banyak.

Hingga ada yang mengusulkan CAREN Act (Caution Against Racially Exploitative Non-Emergency) untuk membantu masyarakat kulit hitam agar terhindar dari pelecehan dari wanita berkulit putih yang tidak tahu bagaimana mengurus urusan mereka sendiri.(ilj/bbs)