oleh

Positif HIV, Dua Tahanan Rutan Jambe Diberikan Obat Rutin

Kabar6-Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Tangerang atau Rutan Jambe David Sipahutar memastikan dua tahanan yang dinyatakan positif HIV mendapat penanganan yang tepat. “Mereka diberikan obat rutin oleh tim kesehatan,” ujar David, Kamis 13/2/2020.

Selain diobati secara rutin, kata David, dua tahanan itu juga tidak diisolasi atau dipisahkan dengan tahanan lain. Alasannya, HIV tidak menular melalui interaksi sosial.”Tidak ada sel khusus.”

David menjelaskan, dua orang tahanan yang terindikasi positiv HIV tersebut baru tiga minggu berada di Rutan Kelas I Tangerang tersebut. Menurutnya, kedua orang itu masih berstatus tahanan karena belum di vonis. ” Disini baru sekitar tiga minggu,” katanya.

Saat pemeriksaan awal tidak diketahui bahwa mereka positiv HIV karena hanya cek kesehatan biasa tidak sampai tes darah, urin dan organ lainnya.

**Baca juga: Penghuni Rutan Jambe Terjangkit HIV, Dinkes Kabupaten Tangerang Lakukan Ini.

Dua penghuni Lapas Jambe diketahui terinfeksi HIV setelah Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, melakukan skrining TB dan HIV/AIDS kepada seluruh warga binaan di Rumah Tahanan Negara Kelas I Tangerang atau yang lebih populer dengan sebutan Rutan Jambe pada tanggal 29-30Januari 2020 lalu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mendeteksi penyakit sejak dini.

Dari pemeriksaan hasil skrining tersebut didapati dua warga binaan yang masih berstatus tahanan positif mengidap HIV. (Vee)

Berita Terbaru