oleh

Penjara Cooma di Australia Dulu Jadi Satu-satunya Hotel Prodeo untuk Homoseksual di Dunia

Kabar6-Penjara Cooma terletak di salah satu kota kecil terdingin dan paling berangin di Australia. Hotel prodeo ini dibuka kembali pada 1957 dengan tujuan khusus untuk memenjarakan laki-laki karena ‘pelanggaran homoseksual’.

Ya, penjara itu juga dikatakan digunakan sebagai tempat pengujian manusia dengan tujuan akhir untuk memberantas homoseksualitas dari masyarakat. Menurut podcast terbaru, melansir Sindonews, penjara Cooma diyakini sebagai satu-satunya penjara homoseksual yang diketahui di dunia. Hingga saat ini, bahkan beberapa petugas lapas mengaku tidak mengetahui alasan sebenarnya napi gay diasingkan di sana.

Dokumen sejarah menunjukkan, Menteri Kehakiman New South Wales (NSW), Reg Downing, mengambil kredit untuk mendirikan penjara tersebut. Dia dilaporkan menyatakan ‘kebanggaan’ pada proyek peliharaannya. “Tidak ada tempat penjara yang saya temukan di Eropa atau Amerika di mana homoseksual dipisahkan dari tahanan lain,” kata Downing.

Pernyataan pers dari Downing pada 1958 menyebut, penjara Cooma sebagai satu-satunya lembaga pemasyarakatan di dunia, sejauh yang diketahui, dikhususkan untuk penahanan pelaku homoseksual.

Tahanan di Cooma menjalani hukuman karena menjadi gay, atau kejahatan yang berkaitan dengan menjadi gay. Diketahui, homoseksualitas tidak didekriminalisasi di NSW sampai tahun 1984. Undang-undang negara bagian baru yang kejam pada 1955 telah menindak homoseksualitas.

Pada 1958, pemerintah NSW mengumumkan sebuah komite penyelidikan tentang penyebab dan pengobatan homoseksualitas. “Penyelidikan ini akan melibatkan para ahli di bidang kedokteran, psikiatri, penologi dan kesejahteraan sosial dan moral,” kata sebuah pernyataan.

Mereka termasuk dua pendeta agama, dua staf senior sistem pemasyarakatan dan dua akademisi dari University of Sydney. Pernyataan ini menyebut, penjara Cooma sebagai lembaga khusus untuk pelanggar homoseksual yang dihukum yang akan memfasilitasi penyelidikan.

Setelah evaluasi ilmiah dari masalah dan solusi yang mungkin telah ditemukan, Downing mengatakan, pemerintah menganggap bahwa masalah harus diserang dengan kekuatan. ** Baca juga: Vozrozhdeniya Dapat Sebutan Sebagai ‘Pulau Antraks’ yang Berbahaya dan Mematikan di Dunia

“Kami tahu psikiater mengajukan pertanyaan seperti ‘apakah otoritas ibumu menyebabkan ketidaksukaan terhadap wanita lain?’ dan menyimpulkan bahwa ‘mengasuh’ adalah penyebab utama homoseksualitas,” kata Patrick Abboud, pencipta podcast dan jurnalis, yang telah menghabiskan bertahun-tahun meneliti penjara.

Ditambahkan, “Kami tahu mereka gagal dalam misi mereka untuk memberantas homoseksualitas karena podcast kami mengungkapkan pria gay memiliki hubungan yang berkelanjutan di penjara. Beberapa bahkan bersinggungan kembali untuk bergabung kembali dengan pacar mereka di dalam.”

Layanan Korektif NSW dan Departemen Masyarakat dan Kehakiman NSW menolak mengomentari tuduhan ini, dengan alasan ‘”sifat historis’ mereka. Abboud percaya, tahanan gay mungkin telah dikirim ke sana sampai awal 1980-an, mengutip pernyataan 1982 dari menteri layanan korektif mengklaim kebijakan itu masih berlaku.

“Pelanggar seks juga dikirim ke Cooma dan ini semakin menstigmatisasi tahanan gay,” kata Abboud.(ilj/bbs)