oleh

Pemerintah Belum Tentukan 1 Syawal

Kabar6-Meski beberapa waktu lalu sudah bertemu PP Muhammadiyah di Yogyakarta, namun hingga kini pemerintah masih belum bisa menyinkronkan penetapan 1 Syawal bersamaan dengan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU).

 

Demikian dikatakan Menteri Agama (Menag), Lukman Hakim, saat memantau pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Tangerang, Senin (4/5/2015). ** Baca juga: Gedung SDN Rawa Buntu Tiga Sudah Rusak

 

“Saya sudah bertemu PP Muhammadiyah di Yogyakarta beberapa waktu lalu. Bukan hanya membahas penyatuan penanggalan Ramadan ataupun Syawal saja, melainkan penanggalan Islam secara keseluruhan,” kata Lukman Hakim.

 

Jika pihak Muhamadiyah menetapkan Ramadan tahun ini jatuh pada tanggal 18 Juni dan 1 Syawal jatuh pada 17 Juli, maka pemerintah masih terus berupaya untuk menyamakan persepsi penentuan hilal.

 

“Cara pandangnya dan definisi tentang Hilal, kita terus secara bersama-sama melakukan kajian mendalam untuk memperoleh definisi yang sama,” terangnya.

 

Meski begitu, dirinya masih merasa optimis dimana antara pemerintah bersama organisasi Islam lainnya dapat melaksanakan ibadah puasa Ramadan dan 1 Syawal secara bersama-sama.(tmn/din)

Berita Terbaru